Jan 19, 2005

Destination: Bangkok


"Tuh liat, sekarang yang nyala udah SEGERA."
"Ngngngngngng ... Ngga mauuu! Takuutt!"

"Nanti dipegangin tangannya."
"Eeenngggg ... Gelaapp .. Ngga mau! Nunggu dulu disini ajaaaa"
"Ya udah, nanti pas lampu FILM UTAMA nyala, masuk ya"
"He eh"

Itulah sepenggal dialog antara seorang anak kecil yang sering diajak bapak ibunya nonton pelem di bioskop, dan betapa anak itu takut banget ama suasana bioskop yang gelap gulita, tau-tau ada yang muncul di layar, orang-orangnya keliatan gede banget! Tapi semua pelemnya pasti lucu dan seru, paling ngga ada Warkop atau tembak-tembakan, dor dor dor!
Walaupun kasihan bapak ibunya si anak kecil itu, harus nuntun si anak dalam gelap supaya tau dimana tempat duduknya, sambil nunduk-nunduk permisi sana-sini, belum lagi buat diemin si anak supaya ga ribut, mereka harus nyediain kacang pedes ato camilan laen biar si anak ga nangis ketakutan karena gelap.

Meet the boy who grows up to become Nauval Yazid now.

Itulah saya dulu, temen-temen, selalu harus dibujuk sedemikian rupa buat nemenin bapak ibu nonton pelem di bioskop, biasanya setiap hari Minggu siang.
Teringat betapa kami selalu naik mobil Honda Corona merah itu melewati Pasar Besar setelah ibu berbelanja, pulang ke rumah, masak, makan, dan sore hari kami berangkat ke bioskop nonton pelem Indonesia. Atau sesekali mereka juga ngajak dua anaknya (waktu itu masih 2!) kalo ada premiere ato pemutaran pelem yang ada artisnya dateng, dengan alesan pengen ngeliat artisnya langsung! Hahahaha!

Ternyata bapak dan ibu saya ngga tahu kalo rutinitas ini malah jadi satu kebiasaan yang ngga bisa lepas, pikirnya anaknya ngga bakal jadi keobsesi sama pelem, lha koq ndilalah ...

Waktu kelas 4 SD, saya sudah mulai berani nonton pelem sendiri, gara-garanya saya ngotot pengen nonton pelem Kanan Kiri OK-nya Doyok, Kadir ama Ida Iasha, tapi bapak pengen tidur siang, akhirnya saya di drop depan gedung bioskopnya, terus cuman ditanya,

"Kamu bisa beli tiket sendiri?"

Saya cuman ngangguk, sambil mikir,

"Iya, udah ah! Udah telat nih Pa!"

Tapi yang keluar cuman,

"Bisa. Dah dulu yah Pa, nanti pulangnya naek angkot!"

Dan dari situlah dimulai kisah cinta seumur hidup saya sama satu work of arts yang bernama: film.

Dari Kanan Kiri OK itu, ada beberapa pelem yang masih membekas di ingatan saya karena pelem-pelem itu saya tonton sendirian saja dengan gagah berani jumawa padahal masih pake celana pendek warna merah! Ada pelem nya Jessica Lange yang judulnya Music Box yang berkesan banget sampe-sampe dulu pernah bercita-cita jadi pengacara, ada juga Dead Poets Society yang bikin saya pengen ngerasain sekolah yang jadi satu ama asramanya sekalian!

Waktu terus berlanjut, kecanduan saya ama nonton pelem makin menjadi-jadi, sampe sering dilarang bapak ibu, entah itu karena alesannya saya makin males belajar lah, ato pelemnya 17 tahun keatas, ato karena cuaca di luar hujan deres sementara saya ngandelin angkot, kadang saya malah nekat! Lebih baek besoknya sakit daripada ngga nonton sama sekali! Hahahaha!

Karena itulah, sampai-sampai untuk ngerayain ulang taun pun, saya pastiin harus nonton satu pelem tertentu pas tanggal 11 April. Ngga banyak yang saya inget sebenernya, yang jelas waktu taun 1991, nontonnya Mobster, trus taun 1996, Dangerous Minds, dan taun 2000 kemaren yang bersejarah karena akhirnya saya nginjak umur 21 yang berarti boleh nonton pelem ber-rating R(A), saya bela-belain sampe bawa paspor nunjukin ke auntie yang jaga loket tiket, sampe dia bilang,

"Today is your birthday ah, boy!"
"Yes, Auntie, can watch R(A) already!"

Si auntie dah keburu males! Hahahahah!
Dan pelem bersejarah itu berjudul Sunshine, yang sempet masuk nominasi Golden Globe buat Best Film (Drama), yang maen Ralph Fiennes in three different roles.

Sekarang?

Sekarang saya pamit mau menghabiskan 4 hari ke depan di Bangkok, dengan tujuan buat nonton beberapa film di Bangkok International Film Festival.

Meskipun kadar kedatengan saya sebagai penonton doang, belum seberuntung Kenny ato Ve yang pernah melanglang buana jadi festival hopper yang aktif, ngga bisa dipungkiri kalo saya lega dan deg-degan. My first international film festival abroad!

Setelah puas empat kali Singapore International Film Festival, a glimpse of Jakarta International Film Festival and numerous country-themed film festival in Singapore (French, Australian, Japanese, German, etc.), finally I can do what I can't think of before: pergi for the sake of film festival! Hahahahah! Gila!

And this will not be the only one ;)




10 comments:

Anonymous said...

Yang mesti dikunjungin (for my own sake!):

01. Smoothie Mania di daerah Silom, deket Burger King! Juice house ini enak bangeeet!

02. BBQ pinggir jalan di deket Big C. Ngga jauh dari hotel elo, kok! Ke sana lah buat dinner. Pangsitnya ngga ada matinya!!! Murah meriah menang!

-ve-

Fina Thorpe-Willett said...

soooo cute pal! gimana dulu elo dikenalin nonton pelem.
and soooo happy for you jeng, that you finally have this journey!! muach muach. inget2 gue yaaa.. kalo ada tampang oriental yang ganteng, bolehlah bagi2 nomor telpon gue. hahahaha.

Tia said...

Lucky you...

semoga kesempatan seperti ini menular ke gue, hehehe.

Anonymous said...

Asyik banget... ditunggu review-nya :)
doel

Anonymous said...

lho katanya lo mo ke liburan ke Malang ? :D tnyata ke Bangkok yeee...ya sud! hv fun dey...

-bowo-

Anonymous said...

wekekek.. gitu toh awalnya jadi movie buff;). gue jadi mikir apa yang bikin gue jadi suka film ya:D?

met nonton di bangkok. btw, lo jadi mesen2 ma gue ato udah ada penadah lainD:?

dodY said...

hwaa... ke BKK? jangan lupa beli oleh2 buat gw yah... belanja aja di Catuchak! have fun ya, PaL!

ExecutorAzmin said...

Hey no fair!!! You're actually scouting ahead to Thailand!!!

Well, enjoy the movie-watching dude!!!

Nauval Yazid said...

Ve,
aduh maap! justru temen gue yang pergi ke tempat jus ini, pas dia cerita kalo jusnya enak banget, gue cuman kepikir "Ampuunnn! Padahal dah dibilangin Ve!" Hehehhehe!
si BBQ pinggir jalan sempet ngerasain tapi ngga yang deket Big C, dimana2 juga ada koq.
thanks for the recommendation yah!

Fina,
Heh! Sejak kapan elo demen tampang oriental? Inget mas bule, mas bule, mas bule ... :D

Tia,
Worry not! Ayo make it come true rencana kenekatan jalan-jalan berdua kalian itu! One little step at a time, mbok ya Bandung dulu ... :)

Doel,
Masih nunggu? Harap bersabar lagi! :D

Bowo,
Thanks! I did have fun though! :)

Nauval Yazid said...

Rio,
usaha penipuan gue sukses! hahahahaha! thanks yah!

Dody,
oleh2 nya capek, keringet dan baju kotor, mau?! *ngibrit*

Azmin,
if there's any Malaysia Int'l Film Festival, count me in wholeheartedly, I'd be surely going down there!

Cep Iman,
duh Kang, inget ngga sih dulu tiap tanggal 30 September kita musti nonton di TVRI pelem penuh tipu muslihat itu, trus besoknya musti bikin karangan? Pada ngga ngeh yah kalo tiap taun bisa bikin karangan yang sama .... :)

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.