Apr 7, 2005

Ke-fhe-fheth.

Udah deh ngga usah susah-susah baca judulnya.

Kepepet, cuman yang ngomong pake aksen ... eerrmmm ... Singlish! :)

Kepepet bukan karena gue lagi mepet-mepetan nulis ini. In fact, biarpun kantor gue punya konsep open-space, tapi cubicle gue cukup luas buat nyimpen 3 kaleng makanan dan dua dus Aqua koq *senyum ironis*.

Dan ngomong-ngomong tentang makanan, bukan kepepet laper juga kalo tiba-tiba postingan ini bercerita tentang makanan, tapi karena trend ngomongin resep diantara para bloggers.
Dimulai dari Doel dengan pizza nya, trus Nana dengan masakan Vietnam yang masaknya harus gaya Tessy-meets-Mien Sugandhi, ditambah Golda juga, dan orang-orang laen yang ga ngasih resep tapi paling semangat ngomongin makanan, siapa lagi kalo bukan Qyu ama mbak Ria.

Lucu aja resep-resep ini, kaya'nya gampang dicoba.
Dan inget, KAYA'NYA, bukan nyatanya.

Bukan karena gue dah nyerah sebelum nyoba, tapi ngomong ini karena pengalaman masak gue yang hampir ga pernah ngikutin resep. Sepanjang sejarah bergulat di dapur pun ngga pernah namanya buka majalah atau malah beli buku khusus memasak, bela-belain ke pasar atau supermarket beli bahan-bahan, trus nempelin resep di pintu kulkas atau tembok dapur buat ngikutin step-by-step.

Sungguh bukan gue banget yang masaknya for the sake of survival!

Itu dia, masak buat bertahan hidup emang beda banget ama kegiatan masak yang jadi hobby atau malah sampe pada taraf interest, seperti yang pernah gue simpulin ama Acay.

Kenapa?

Gampang aja!

Tipe orang dengan masak buat survival kaya gue cukup perlu daging seadanya, sayur seadanya, trus bawang putih ato bawang merah ato bawang bombay ato semuanya, syukur-syukur ada cabe, dan yang paling penting adalah garem dan gula. In short, apa aja yang gue temuin di dapur dan di kulkas, asal dah dikasih bumbu2 dasar seperti itu, bakal jadi sesuatu yang bisa dimakan koq. Lupakanlah nama, jenis, asal usul masakan, namanya orang laper, apapun jadi!

Image hosted by Photobucket.com

Dan pengalaman membuktikan bahwa waktu tinggal di Regent Heights #18-02 di Bukit Batok, daerah tempat si neng geulis wannabe ini bersemayam, gue pernah bikinin makanan sahur selama 20 hari berturut-turut buat semua penghuni rumah yang terdiri dari gue, Wenny, Inad, Ata ama Dendry. Kenapa 20 hari? Karena 10 hari terakhir ada kerjaan teater yang mengharuskan gue kerja 14 jam lebih sehari. Dan selama 20 hari ini, ngga pernah ada yang namanya nge-plan mo masak apa, paling banter kepikiran pas malemnya dimana gue harus sekalian masak nasi.

Jadi, bangun jam 3.30 pagi, ucek2 mata dulu sambil sikat gigi, trus ke dapur sambil buka kulkas nyari inspirasi.
Ada sayur, ada kecap, ada bawang? Tumis yuuukk!
Ada telor? Bikin ceplok ato dadar!
Ada sisa corned beef? Dibikin jadi bola daging!
Ada sambel? Sok atuh masukin!
Hasilnya? Ga ada yang complain, ga ada korban jiwa, ga ada yang batal puasa (eerrm, kecuali kalo para wanita lagi kedatengan tamu nya tiap bulan yah). Malah dengan pede nya kalo ada temen yang nginep trus puasa juga, ya udah sekalian ikutan sahur dengan masak-masak ceria a la kadarnya ini. Yang penting ceria kan?

Tapi untungnya, ga cuman temen2 gue yang ceria, syukurnya bokap nyokap gue udah mulai ceria membiarkan anaknya ini masakin makan siang kalo pas pulang ke rumah. Yaaahhh, dengan resiko diawasin terus ama nyokap yang masih ga percaya kalo anaknya bisa masak, dan biasanya diakhiri dengan komentar bokap yang "kurang manis dikit, otherwise it's fine", dan tentunya disetujui ama anggukan adik gue sambil nyendok nasi buat ronde kedua.


Apa karena dia laper? Apa karena dia pengen nyenengin gue? Wallahualam! Yang jelas, kepepet membawa nikmat :)

Dan silakan menikmati menu favorit gue waktu buka puasa, warisan nyokap berikut ini. Gue ngga tau namanya, tapi gampang aja bikinnya:

- Cuci cincau (ato janggelan kalo orang Jawa bilang) sampe bersih, potong model dadu kecil-kecil
- Rebus kolang-kaling (ato buah atap) sampe lunak, trus dinginkan
- Buat kuahnya, siapin jeruk nipis yang dicampur air, tambahin gula sesuai selera
- Campur aja cincau yang udah dipotong tadi, kolang-kaling, air jeruk nipis, dan jadilah, erm, whatever you may call, yang pasti nyegerin banget kalo disantap sesudah seharian ga keisi perutnya. Oh iya, hidanginnya dingin-dingin yah!

Apa aja juga enak kalo laper kali, namanya juga kepepet!


Image hosted by Photobucket.com

(another lightweight postingan sebelum S'pore International Film Festival when this blog will be nothing but film-related blog)

(thanks to Seasite and Bali Travel News for the images)

16 comments:

ben said...

aduh kolang kaling itu !
slurupppp......
jadi inget buka puasa :)

Unknown said...

hehehe...PAL ternyata kita sama ya...aku juga gak pernah pakai resep kalo masak..karena emang masaknya juga krn kefefet:D

makanya aku gak posting resep..lagian juga masakanku masakan yg biasa banget, yg gampang ditemui di warteg2

aku masak agak dengan niat memasak, kalau emang ngundang kawan2 untuk makan di rumah. meskipun tetep tanpa resep, dan masakan standar biasa juga, kayak ayam cabe hijau, sayur bening, bacem, capcay ala jateng...dll..
yang penting saat masaknya dengan gembira dan senang hati, dijamin makanan sesederhana apapun akan terasa enak :D

Anonymous said...

rio

val, yah, gue berharap gue nggak harus nyicip masakan lo ya:P. kecuali lo udah kursus dan masak yang bener:D.

mbak ria, mau dong diundang makan2;).

dodY said...

mangan... for the sake f survival... jadi laper, hehhe :-)

nana said...

wah kolang kalingmu bikin kangen rumah je.
aku juga lebih sering gak pake resep kok Pal, pokoke plang plung plang plung dadi hehehe..

Anonymous said...

Huhuhu
Mas NOpal ini memang pentolan dapur kami di Regent Heights dulu. Terutama di bulan puasa. Top lah pokonya. Doi ini yg udah ngempanin kita ber-4 tiap hari dengan masakannya yg oke ituh.
Thanks ya Pal! muach muach

Anonymous said...

hehehe... ngikutin trend juga akhirnya :P wah, ternyata bisa masak juga ya?

Aku sih belum pernah mengeksplorasi diri untuk urusan masak-memasak. Meskipun kayaknya ada kecenderungan bakal suka bereksperimen kalo ada peralatan dan bahan yang memadai :D

Anonymous said...

Dear Mpal,

Wah, kemampuan loe memasak musti dipraktekkan neh, hehehehe!! Tapi gua setubuh, kalo buat mepet seh mending asal tjampur adja, paling banter ujung-ujungnya jadi tjap tjai, bener gak? ;)

Btw, hehehe, sebenarnya yang namanya tjap tjai, gak pernah benar-benar tjap tjai. LOL...!!

Anonymous said...

Nauval, kamu ternyata terlahir dg kreativitas memasak. Atau kamu termasuk tipe yg kalau kepepet malah berhasil total. Salut deh. Mungkin meski kepepet, tapi kalau memasaknya dg penuh perasaan (huhu), jadinya ok:D Resep kadang2 gampang dilihat, susah diikuti, jadi perlu lebih banyak modifikasi.
Sekali2 masakin saya ya, nanti kalau kepepet..:D
doel

Anonymous said...

Wahh jadi ingat masa2 ramadhan kemarin, kalo kepepet gak beli lauk masakan gua nggak jauh2 dari Indomie Kornet hehehe..

Paulus said...

Nauval,
ga pengen komen soal kolang-kaling...(in fact, aku tadi lari ke dapur, buka buah kaleng, gara2 ngiler kolang kaling)

tapi terus terang, aku lebih seneng baca "lightweight postingan" kayak gini...
mungkin karena ga terlalu maniak film...

So, gimana kalau selain nulis pilem, tetep nulis kolang kaling..eh! maksudnya things happens in your life...

bukankah cerita2 dalam kehidupan kita masing2, juga versi lain dari film ? hehehe

keep write! :p

Anonymous said...

gue? neng geulis wannabe?
yang boneng Mpal!!! :))
bukannya gue udah cantik emang?
*kedap kedip*

eh eh, hari sabtu kemaren gue masak tongseng. mau?

Mel

Anonymous said...

haduuhh.. ternyata blogging itu nular yah.. :)

masak masak masak!! mari memasak.. dicoba resepnya.. nanti dicicip..

Nauval Yazid said...

Ben,
puasa yuk, trus bukanya kolang-kaling, tapi ntar tambah kurus lagi dong :D

Mbak Ria,
nyembah2 deh gue, masak ga pake resep tapi jadinya kaya ayam cabe hijau, sayur bening, bacem, capcay ala jateng, ini mah ga nurutin resep, tapi emang mo bikin buku resep sendiri! hahahaha!

Rio,
ah ruginya dirimu tak bisa mencicipi masakanku, terbukti nambah lho! nambah air buat minum biar makanan cepet2 masuk dan ga sempet dirasain lagi, huehehehheh!

Dody,
makan buat hidup ato hidup buat makan, hayoooo :p

Nana,
jadi mie Vietnam itu juga modal plang plung jadi? kalo salah plang plung apa ntar plang plung yang laen, eerrr ... ga jadi deh! hihihih!

Nauval Yazid said...

Wenny,
ah kamu merendah, bukannya kita dulu mesra berdua di dapur? hurhurhurhhru

Q,
nyobain ke dapur tetangga juga ga dilarang koq! :)

Anri,
duilah, tjap tjay jg ga asal nyampur aja kali yaaaa

Doel,
kalo pas masak kepepet, yang ada masaknya penuh perasaan panik! jadi rasa makanan juga panik, buru-buru mo diabisin, biar ga disuruh nambah lagi, huehehehhehe!

Wira,
anak kos sekali deh kamu! :D

Nauval Yazid said...

Pras,
mungkin nanti aku bakal nulis tentang cara masak sambil nonton film :)

Mel,
dianterin atuh, Bukit Batok ke Holland V. deket koq naek taksi :P

Golda,
test-and-trial, ntar kalo error trial, eerrrr, jangan kasih tau gue yah! :D

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.