Apr 30, 2005

Cut!

Gimana sih rasanya disunat?

Waks! Kalo pertanyaan ini ditujukan ke saya, bakal saya tanya balik,

"Apanya?"

Nah, sekarang tergantung dari jawabannya dulu. Kalo misalnya ini pertanyaan literal, yang berarti ritual sunatan adalah ritual buat laki-laki, jawaban saya simpel aja.

"Ngga kerasa, lha wong dibius, trus mataku ditutup waktu itu."

Tapi kalo misalnya yang disunat adalah alat penyambung hidup yang lain, terutama berkaitan ama UANG alias DUIT alias MONEY, maka bukan jawaban yang ada, tapi kata-kata seperti,

"WAADDDOOOHHHHH!"

Sakitnya itu udah kerasa dari awal bulan, ngga perlu lama-lama nunggu sampe tengah bulan atau akhir bulan.

Dan itulah yang terjadi dalam 3 hari terakhir ini, ketika pertama kalinya dalam 7 bulan terakhir ini, slip gaji datang sehari lebih awal dari gajiannya sendiri yang langsung masuk rekening.

Robek ujung pinggir kertas.
Buka perlahan-lahan.

Lihat bagian kredit.
Aaaahhh ... Tersenyum lebar.
Ada bonus dari work-performance yang lumayan.

Lihat bagian debit.
Ah, paling itu-itu aja.

Lihat bagian total.
LHO KOQ?!

Scroll up bagian debit lagi.
AH TIDAK!
Potongan buat CPF udah naik ... 15%!!

Dan maaf mbak Hany, mustinya ini bagiannya mbak Hany buat ceritain Singapore and its so-called uniqueness in everything, tapi sungguh-sungguh saya ga tahan dan udah kegatelan buat complain disini. (See? Singapore sungguh-sungguh sangat kondusif menyuruh warganya buat complain all the time!)

Jadi, kalau kita udah jadi penduduk tetap (Permanent Resident alias PR) disini, maka gaji yang kita terima tiap bulan disini akan dipotong buat CPF.

Apakah CPF itu?
Singkatannya sendiri adalah Central Provident Fund, yang kalo diterjemahin kira-kira
sama dengan Dana Pensiun. Nah, dana pensiun ini bisa juga kita buat investment, atau asuransi, atau jaminan kalo mau beli rumah, mobil, etc. etc.. Yang jelas, bisa diputerin, ato didiemin aja. Nanti kalo dah pensiun atau cabut PR, semua yang kita simpen emang dibalikin ke kita koq.

Berapa besar sih CPF nya?
Ini yang bikin gue lagi culture shock ya!
Tahun pertama dari kita dapet PR, gaji kita dipotong 5%.
Tahun kedua, 15%.
Tahun ketiga, 20%.

Jadi kebayang dong, setelah selama ini dibuai dimanja dengan potongan sekecil setitik itu, dimana setiap bulan paling ngga ada simpenan buat beli majalah Sight & Sounds berikut Film Comments yang lumejen mahal2 itu, atau nonton pertunjukan teater atau nonton konser di Esplanade dengan tempat duduk yang lumayan, sekarang harus nangis meraung-raung sambil ngiris bawang sambil jejeritan,

HUUAAA!!

Sambil masih megang slip gaji itu dengan hati nanar tapi raut muka sok tenang karena lagi di depan anak baru, gue cuman tersenyum miris, sambil sms teman-teman seperjuangan di Komang dan lain-lainnya yang cuman dibales serempak:

"Welcome to the club, baby!"

Yes, I welcome myself living in an impossibly materialistic world of Singapore.

Yet, somehow I indulge on it.


Oh No! My Salary's Being Cut!

Disunat? Oh biasa aja ... ;)

19 comments:

Anonymous said...

Di Singapore nggak bisa ngapa-ngapain lagi sama seabrek peraturan itu ya? selain patuh dan ngedumel :P
kalo di Indo kan kadang ada celah buat nyelip sana nyelip sini :D ... makanya jadi semrawut nih negri :(

dodY said...

memang potongan itu nantinya balik lagi buat kamu, 'kan? hehehe! ngga bakal lari 'kan? tenang aja *kabur*

btw.. ini di luar pajak penghasilan kan? kalo memang begitu, kamu harus bisa mengelabui pemerintah sg, pak! seperti saya gitu loh! gaji saya dipotong buat PPh... nah tahun 2003 saya berhasil mengancam pemerintah dan berhasil juga utk membiayai perjalanan plesir ke Jepang :-) jadi rasanya pajak2 yg dulu gw pernah bayar itu worth it juga kok :-p

jadi kesimpulannya... kalo pemerintah bisa membuat kita menderita... kita harus bisa pasang strategi (dan harus berhasil!!!) dalam membalikkan situasi ini :-) (baca = membuat pemerintah menderita karena telah memanjakan orang yg salah, hauahua).

Hany said...

ck... udah ilang kan, shock-nya? sing sabar yo, dek... pagi ini ditunggu untuk nonton pasir lho, ya.

jangan kuatir. saya rasa 5 tahun lagi, saya akan diundang makan bakwan malang di rumah landed-nya Nauval Yazid. iya kan, CPF nya mo bwat bli rumah aja kan???

Nauval Yazid said...

mas Q,
kalo masalah pilihan kan selalu ada aja, mau nuruti peraturan ato ngelabui peraturan.
tapi ya jelas juga resikonya, tinggal selamet di rumah sendiri, ato selamat di penjara! huehehehhe ...
plus jgn lupa juga hukuman cambuk khas negeri Singapore ini, berikut dendaaaaa :D

Nauval Yazid said...

Dody,
CPF ini dipotong dari penghasilan kita tiap bulan, atau pemasukan bersih kalo misalnya kita self-employed dan bikin bisnis sendiri.

ttg pajak? oh tenaaannggg! ada lagi namanya Income Tax yang musti kita file alias masukin sendiri tiap tahunnya, yang taun ini deadline nya pas kemaren tanggal 30 April 2005.

bagaimanakah perkembangannya, apakah gue bakal disunat lagi dari Income Tax? mari kita tunggu ... hohohohoho ...

Nauval Yazid said...

mas Indi,
adoh tenaaaaannnnnnnn!!!
emang ga ada tho di deket2 Queenstown?
kasian anakmu, nanggung sakitnya jauh bener :D

Nauval Yazid said...

mbak Hany,
lha iki undangan-e koq ga resmi, aku ndak terima sms apa2 dari mbak Hany ato Mel, kemaren Mel malah sms nanyain ... stonewashed jeans! :P

kalo BELI rumah, aduuuhhhh, nunggu gue bergaji 5 digit per bulan dulu yaaa (5 digit ga pake diitung sen nya! hohoho)

dodY said...

yang penting.... bagaimana kita bisa balas dendam kepada pemerintah (negri mana pun itu) yg telah membuatkita menderita... agar mereka lebih menderita lagi :-) hauhauha LOL

Unknown said...

aku nggak ngerti dg urusan pajak memajak ini...
tapi pajak di jepang katanya termasuk tinggi...
yang jelas Ndoro Sepuh saya selalu cerita, kalau dia di pajak banyak banget, termasuk dana pensiun itu

Anonymous said...

rio

oh no! lo disunat lagi? tiap tahun? jadi sekarang tinggal seberapa sisanya:D?

Anonymous said...

RIO: begitulah ... lu kebayang dong nasib malang gue gimana! gue kebagian apanya kalo tiap tahun doi disunat? :P

-twinnie-

Anonymous said...

Duh.. Kalo begitu ke Singgapur tuh mendingan buat jalan-jalan aja atau nonton pertunjukan musik ya? hihihihi

ambaradventure said...

Naf..naf segitu yah pajaknya. Tapi klo ngga salah jika kita leave for goods or goodbye PR itu CPF dll ntar dibalikin (koreksi klo aku salah).Jadi kita anggep aja tabungan. Cuma klo 20% mah itu agresive banget. Makanya rakyatnya sering complain.

Nauval Yazid said...

Dody,
membuat Singapore menderita sama dengan membuat gue terpenjara karena ... ga mungkin dooonnnggg! negara tajir gini mo gue apain biar miskin? :D

Nauval Yazid said...

mbak Ria,
lho koq dana pensiun masih dipotong pajak juga? berarti ga bisa hidup tenang sampe tua dong di Jepang :)

Nauval Yazid said...

Rio,
tinggal dikit! :P

Twinnie,
rasain! :D

Nauval Yazid said...

Imesh,
trima surat gituan langsung masuk Penjaga Toilet? hmmm, boleh juga sih cara elo, tapi LANGSUNG masuk berarti bikin nambah gemuk si Penjaga Toilet dong, gara-gara ... ga pernah kebayar! :D

Nauval Yazid said...

Avin,
ember!

mbak Ambar,
emang dibalikin lagi koq, cuman kan ada jangka waktunya, yang berarti kita musti nunggu lama.
ada bagusnya juga, hidup menderita selama kerja, seneng-seneng hari tua :D

Nauval Yazid said...

mas Nizar,
aku terharu.
kamu begitu optimis kalo gajiku $5000, yang berarti itu adalah gajiku sekian bulan :D

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.