Dec 25, 2004

Mein Name ist ...

Ijinkan saya bernarsis ria sedikit di hari Natal mulia ini, sambil tak lupa menghaturkan rasa hormat kepada mereka yang merayakan, berikut menunduk rasa dalam duka cita kepada para keluarga korban kecelakaan helikopter TNI Angkatan Udara (AU) di Jawa Tengah kemarin (courtesy of Liputan 6 SCTV).

Mungkinkah suasana Desember penghujung akhir tahun dimana orang berlomba untuk mempercantik diri dengan belanja dan refleksi mempengaruhi tulisan ini nanti? Sangat! Karena pada akhirnya saya ingin membuka suatu rahasia yang sebenernya bagi orang laen dianggep, "Duh, ga penting banget deh ih!"

Memang ngga penting, tapi apa daya, kalau hasrat menulis sudah di depan ujung kelingking, sayang rasanya kalau laptop yang sudah menyala semaleman nungguin download mp3 dianggurin gitu ajah tho? Jadilah ditemani Joss Stone, Mick Jagger dan Dave Stewart yang lagi bengok-bengok di WinAmp ini saya pengen menulis tentang ...

Now. Far.

Ayo sodara-sodari, diucapin berulang-ulang dalem hati ato keras-keras juga boleh selama ngga sampe didatengin penjaga warnet buat diusir ya ngga papa. Baca nama blog saya itu sambil selang-seling sama nama yang punya blog ini, yaitu ...

Nauval.

Nah! Ketauan sekarang kenapa saya namain blog ini dengan dua kata sifat itu. Kalo mo dianalisa pake ilmu linguistik berinterpretasi psikologis, monggo lho, kadang-kadang saya juga suka maen analisa tingkah laku orang koq, walaupun tujuan asalnya, biar kedengeran sama dengan nama saya, yang matur nuwun kalo ada yang bilang eksotis, unik, bahkan suka dipelesetin jadi Bopal, Empal, Gopal, asal jangan Ovaltine aja karena dari dulu direcokinnya pake Milo!

Tapi, se-eksotis ato se-unik apapun, tetep kesel kan kalo ngga ada orang yang bener-bener bisa nyebut nama itu dengan baek sesuai ejaan yang diinginkan bapak ibu saya? Dan itulah yang terjadi dari saya menginjakkan kaki di bumi Singapura taun 1999 sampe sekarang ini, NGGAK ADA yang bisa nyebut namaku ini dengan pas, benar, ga mlintat-mlintut! *menghela napas dalam sekalian ngurusin perut buncit*

Nova? Novel? Noufe? Nafa? Naval?

Nauval! /na:w - fa:l/

"Sorry, how to spell your name ah?"
"en-ei-yu-vi-ei-el"
"N A U V A L"
"Correct"
"Wah, so unique your name ah!" (Ga berani nyoba-nyoba pronounce!)
"Thank you, auntie."

Ato misalnya:

"Good afternoon! May I speak to ... eermm .. Nowfel? Nofa? Nowal?"
(sambil menghela napas lagi pokoknya kedengeran hurup N, F ato V, dan L)
"Yes, it's Nauval here speaking"

Dan disuatu penghujung taun 2003 pas kerja bantu pementasan Bibik Goes Broadway, setelah berulang kali si Stage Manager bingung manggil saya gimana, akhirnya saya jelasin:

"It's just like you say the words "NOW" and "FAR", only add 'l' sound at the end of the latter."
"Oh I see!"
(trus kurang ajarnya manggil para kru laen)
"Everyone! His name is NOW (sambil pake gaya tangan nunjuk kebawah) FAAARRR (sambil pake gaya tangan nunjuk ke arah yang jauh)."
Semua orang manggut-manggut sementara saya cuman senyum mesem nahan malu pengen getokin si Stage Manager dodol!

Akhirnya rekan-rekan kerja saya suka dengan seenak udelnya nyuruh ganti nama kalo pas berhadapan ama klien ato customer biar mereka gampang manggilnya. Biasanya nyuruh ganti nama ke Noel.
Maaf yang punya nama ini, nama bagus lho, bahkan dulu pengennya kalo punya keponakan cowok mau dinamain ini. Tapi lha wong nama saya ini udah susah-susah nyarinya, bahkan tiap pulang kampung pun, bapak saya suka ngajak saya sungkem sama satu orang ustadz sepuh yang dulu ngasih ide ke bapak buat ngasih saya nama bagus ini.
Jadi saya tetep keukeuh ga mau ganti nama, apalagi kalo nama saya sampe NAFA! Haiyah!
Lha koq sama kaya satu selebriti yang jijay bajay itu?!?!?

Jadinya inget dulu pas pertama kali masuk sini, jaman orientasi, disuruh ngapalin nama-nama Cina yang bacanya ngga sama ama tulisannya itu! Saya, Ayu, Onel, Rika, Nyile, Randy yang sama-sama anak Indo dan kebetulan satu group plus tinggal di satu blok sampe ngabisin satu malem khusus buat belajar nyebut nama-nama ini, sambil tetep saya ga habis pikir:
"Namanya kan Kum Chuen, tulisannya kaya gitu, koq bacanya Kam Cun sih, bukan Kum Chuen?"
Gubrak!

Mungkin kalo seperti housemate saya Acay, meskipun nama asli Cahyadi tapi by default dia selalu ngenalin ke orang-orang sebagai Cay, enak gitu ngomongnya, langsung meluncur kaya Cap Cay.
Atau seperti teteh Karmela yang panggilan singkatnya Mel, ngga tau dia ngenalin dirinya gimana, orang sini keplintir-plintir ga mbak kalo nyebut lengkap Karmela?

Soalnya meskipun udah dipersingkat jadi "NOV" (seperti layaknya orang rumah manggil saya), orang sini pun masih keplintat-plintut manggil "Naf? Nor?"

Duh!

21 comments:

pattawari said...

Nauval… hmmm… nama yang bagus.. tapi kasian juga ya punya nama keren tapi orangnya kagak.. mendingan punya nama biasa aja tapi orangnya keren abis (*duuh.. gua banget.com gak sih?!!) hehehehe…

Mpal, nama panjang lo sapa sih?

EH KUTIL, ELO TUH YANG JIJAY BAJAY!!

--nafa urbach--

Anonymous said...

Ipe,
akuilah kalo kita masuk kategori yang sama, nama keren (Pattawari juga jarang-jarang kan?), tapi dari segi tampang elo lebih melas! hihihihi ..
situ juru bicaranya Nafa Urbach? gue cuman punya tiga kata: kacian deh elo! hihihihihi :D

Cay said...

Nama Cay itu awalnya dibuat supaya orang mudah mengingat dan teringat, daripada "Cahyadi" yang meskipun nama anugerah, tapi begitu mudah terbaurkan dengan Cahyadi-Cahyadi yang lain (dan orang akan mulai bertanya "Cahyadi yang mana ya?"). Ternyata lain ladang lain belalang, Cay memiliki berbagai arti dalam berbagai bahasa, yang membuat gue harus beradaptasi dengan segera. Seperti ketika di Bandung "Gue Cay... bukan berarti gue suka ngacay (ngiler - red)" atau ketika di Singapore "I'm Cay.. yes, Cay, as in 'vegetable' ('Chay' dalam bahasa Hokkien berarti 'sayuran')"

Nauval Yazid said...

Cay,
nasib punya nama kodian (daripada nyebut pasaran) memang, aku inget dulu kamu pernah kerja ama si Ucok yang nama aslinya Cahyadi Cokro, sampe mo bikin perkumpulan nama Cahyadi! ato mungkin sesama Cahyadi ada telepati? *garing tapi berima tho?!*
trus aku juga mikir, alangkah ngga mungkin kalo ada orang Sunda berbahasa ibu Hokkien namain anaknya Cay ...

dodY said...

aduh val... andai mereka semua tahu "rahasia" itu! sewaktu di jln. jombang huahuahauha.... lebih gak penting yah!? :-D parah lagi gw kali yeh... udah bisa ngumpulin 100 org lebih yg bernama dodY :-D *gubrak*.... dan saat ketemuan kmren ternyata gila semua! hwaa.... *pingsan* hihihihi! daripada nauval memang lebih baik dodY kok :-)

Unknown said...

kemarin ada keponakan kawan yg lahir, cowok dan di beri nama nauval...aku ketawa krn inget kamu deh...hehehe

moga2 dia kalau besar nanti nggak jadi batman...:D

Nauval Yazid said...

Dody,
emang waktu gue tinggal di jalan Jombang dulu ada rahasia apa aja seeeehh??? *sambil mulai siap2 sapu tangan buat bekep mulut Dody!* hihihihihi! salut juga buat Dody Club elo, ckckckckck ... :)

Ria,
waduh mbak, liat komentar Dody di atas, udah ngumpulin 100 orang lebih bernama sama, apa ini berarti nama saya udah mulai lusinan bahkan kodian?
Tapi jangan khawatir mbak Ria, insya Allah si keponakan bakal jadi anak ganteng bermata panda kurang tidur itu, hihihihi :D

Anonymous said...

Naufal (dengan "f") itu artinya dermawan. Kali sama artinya bila pakai "v". Nggak apa2 orang lain salah manggil, kamu sudah jadi dermawan yang memperbolehkan mereka berkreasi dg nama-mu :) Dermawan sabar juga, meski dalam hati sungut2...hehehe

Pengalaman salah sebut nama saya juga sering. Sudah dibuat gampang dg LEO masih banyak yang salah Lee You, Li-U, ngirain saya dari Tiongkok. Mata memang sipit tapi kulit dan hidung mah mirip Maori....Alhasil, kalau di Indo saya dapat 12 sebutan, di sini nambah jadi 15 sebutan. Orang2 memang kreatif.

Sorry kalau sering nyebut Nopal dan akhir2 ini You're (Now) Far...:D

Doel~

Anonymous said...

eh jang opay..kumaha jang ..damang? (sunda version)
Hey Nopel..apa khabar kau bah...?(batak ersion)
De` Nouf...gman kabbar nya? ( Mien Sugandhi version=tau ga lo..ingt die inget sasak..;P )
hey Novieee...apose kokondau nek...lambreta amir tinta kesindang..? (Taman lawang version)

Aal===>Simple kan..?

Anonymous said...

Ha ha ha... Nauval, aku kan slalu menyebut namamu dgn benar. Huh! *umbad*

Nauval Yazid said...

Doel,
aku kaget kamu tau arti nama ini, memang benar, Naufal artinya dermawan, dan kebetulan ironis sekali nama belakang saya punya arti 'tinggi' ato 'yang ditinggikan', sementara harus puas dengan tinggi 165 cm yang mandeg! Hahahaha!
Ttg sering dikira orang laen kalo berasal dari satu ras tertentu, nasib! Lha wong kita ngga bisa ngontrol pendapat orang laen, aku sendiri juga sering banget diajak ngomong Mandarin ato Hokkien, yang disambut dengan tatapan mata bengong, cuman bisa bilang "Mei yo" alias Nggak ...

Aal,
Bo, curige nih kalo situ dulu tukang palak di TL? Ato malah maskot? Hihihihih!

Umbad,
*gulp*
*surprised*
*amazed*
Since when are you attracted to the world of bloggings???

ben said...

Orang-orang singa itu dapet pelajaran bahasa gak sih ? kok gak bisa spelling dg benar ???
atau jangan-jangan nama lo tuh emang aneh ? hehehehe.....
BTW, panggilan itu kadang menunjukkan kedekatan pada seseorang lho ! Waktu kuliah dulu temen2 deket gue suka manggil gue benji, (kurang ajar ! ini kan nama anjing ibu kostnya), benjol, benni (e pepet,bukan e taling, bingung kan ? heheheh), atau beben. Temen kantor malah sering panggil benzky (sejak kapan gue jadi orang rusia ?)
gue sih enjoy aja........

Nauval Yazid said...

Ben,
eh asyik juga kan punya nama panggilan kepisah-pisah gituh, jadi tau siapa yang manggil, kalo dari case elo kan bisa bedain mana temen kantor mana temen maen. Sama juga nih, Ben:
- kalo yang panggil gue Mpal, berarti temen kelas 3 SMA,
- panggil Nov, keluarga ato beberapa temen,
- panggil Inov, sodara sepupu, oom, tante, etc.,
- panggil Bambang? *sigh*
- panggil nama lengkap? Tukang nagih utang!

:p

Mel said...

Hehehehe..sering jadi Nouvel juga ya, Pal? :)

Emang org sini payah2 banget kalau urusan pronounce nama.
Nama gue tuh padahal udah nama barat ya..tetep aja gak bisa nyebutnya dengan benar.

"karmIla?????"
"no, it's karmEla."
"how to spell ah?"
"kei ei ar em i el ei, KARMELA."
"Okay, Miss KarmIla, this way please.."
"!@#$^%#"

Kalau mereka bilangnya sound R nya ilang, gapapa lah..minimal nama belakang gue kan Kamila.

Boleh tahan laaah :)

Hehehehehe nasib jadi orang Indo di kampung orang.

Anonymous said...

NOVA

Untung gue punya nama yang sangat kosmo yang semua orang bisa ngucapin. tapi betenya, hiks... nama gue sungguh amat sangat kodian. di mana2 gue ketemu orang yang namanya sama ma gue.

NAFA

bilangin ama temen lo, tetangga depan kos gue namanya juga cahyadi, dari surabaya, mungkin bisa bergabung dengan CAHYADI CLUB?

rio, biar nama kodian, tampang pasaran, tapi tetep berjaya.

PS: si AAL itu baca namanya AL aja dengan nafas dua ketuk ato A-nya dikedet jadi A'AL sih:D?

Nauval Yazid said...

Mel,
hihihihihi, kalo nama sependek gituh kira-kira masih belibet ngga yah ngomongnya?
ntar jadi Mey, Meay, ato Mei, mungkin malah sampe melet2 "Meeeeelllllll" baru pada ngeh kali! hihihihihii :D

Nauval Yazid said...

Rio,
nama kodian,
tampang pasaran,
gaya ketinggalan jaman,
ga keren ah, man!

Hihihihihi!

Eh biar gue kata tinggal serumah ama Acay, bilang sendiri ke orangnya ah, jarang ketemu ini :P

Fina Thorpe-Willett said...

pal. nopal. lebih 'elo' daripada nauval. hihihi. mungkin karna gue dikenalkan kalo nama loe itu adalah nopal. sbenernya .. ehm.. gue terpesona.. (ciee guee!) pas liat email kamuh : dizay_lavuan. kok unik dan keren ya? tapi emailnya doang loh, bukan pemilik emailnya.
since then, gue mulai bisa nerima kalo mahluk kayak elo dapet berkah dinamai dengan such name, yang belum tralu kodian, bung. slamet yah!

Nauval Yazid said...

Fin,
walopun sedikit berbasa-basi, nama belakangmu ngingetin gue ama kakak gue yang nama belakangnya pun nyaris mirip-mirip ama nama belakangmu itu.
bagus, unik, ga keliatan Padang-nya, atau justru nama itu Padang banget? :)
makasih udah mampir, entah kenapa, I get the feeling that soon you'll be away embarking on a different kind of life ... ;)

Anonymous said...

gue juga selalu bingung sekaligus takjub kalo ngomongin masalah nama. Loe tau sendiri nama gue apa dipanggil apa. Beda tempat, beda nama n panggilan. Memperkeruh
krisis identitas gue ajah.

-iu-

Nauval Yazid said...

IU,
iya yah, nama elo gampang di lidah kita, kalo di lidah orang sok bule jadinya aneh! hihihihi :D eh tapi nama ketiga elo kan nama baptis, mustinya universal dong ah!

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.