Jun 3, 2005

Jump!

Jump!

Jump! Jump!
You jump, I ... watch you jump!
Dah ga jaman hari gini ngomong "you jump, i jump" ah! *sambil muna ga mau ngaku kalo nonton pelem Titanic 3x, hihihihi*

Anyway, gue cuman pengen berheran-heran aja ama diri gue sendiri, yang udah terjadi beberapa hari belakangan ini. Simple aja, gue ngerasa jump improperly to live in a big city.

Improperly? More like unorganized, actually.

You see, dari kecil sampe gede, gue lahir dan dibesarin di Malang, kota yang udah ngga dingin lagi, yang menghasilkan beberapa selebritis yang benernya ngga pantes disebut disini macem Cindy Fatika Sari (idih!) ato Krisdayanti (walopun dia ngga di Malang persis), tapi yang lebih penting lagi, beberapa seleb-blogger yang pantes disebut disini macem Qyu, Bowo, dan tentunya, -nauval himself- dong ah!

Dan harus gue akuin, bagaimanapun juga Malang ini kota kecil, meskipun sempet gue kekeuh sumekeh kalo Malang itu kota besar, karena kalo dapet Adipura, selalu dapet kategori untuk kota besar. Ngomong-ngomong, masih ada kah penghargaan Adipura buat kebersihan kota ini?

Sampe ketika kuliah pun dah nyaris mengabdikan seumur hidup di Malang, tiba-tiba aja koq dapet kesempatan lepas dari kota apel ke kota Singa (Singapore toh negara kota 'kan?), dan disinilah gue dah mengabdikan diri gue selama 5,5 taun dari mulai kuliah sampe kerja sekarang.

Separuh dekade.

Serem juga kalo dipikirin angka itu.

Makin serem kalo ngeliat bahwa benernya gue ngerasa ada satu bagian yang "kurang" karena gue ngga ngelewatin satu filter yang entah penting ato engga: tinggal di kota besar, di negeri sendiri.

Yup, gue ngga pernah tinggal lama sampe menetap di Jakarta. Paling banter 2 bulan, itu juga lebih banyak di rumah, di Bekasi.
Dan begitu gue tinggal di kota besar, itungannya udah negara lain.

Gegar budaya yang gue rasakan, untungnya sih, ngga se-shock seseorang yang langsung masuk sini dan bekerja, karena gue melalui proses belajar dan hidup di lingkungan kampus, yang notabene bukan representatif bagus buat ngeliat ukuran hidup seseorang di suatu negara karena atmosfirnya kan academic-oriented yang cenderung all-provided, but it's better than nothing though.

Justru gegar budaya yang gue rasakan adalah tiap kali gue ke Jakarta, karena bagaimanapun juga, gue selalu melihat Jakarta dari sudut pandang 'orang kampung' ato 'orang udik' yang masih kebingungan dan ecstatic ngeliat bright, blinding lights of the city.
Sementara itu, Singapore adalah tempat kenyamanan dan kemapanan gue. Kemapanan disini bukan berarti gue financially rich or whatsoever (komputer aja masih ngutang!), tapi lebih kepada behavioral settlement, ato dalam kata lain, the minute I step my feet onto Changi Airport, I know my way to get to my home without troubling anyone, I know how to feed myself without begging on the street and I know how to eat to live.

Hmmm ... Postingan ini emang agak absurd, ga kaya biasa-biasanya, tapi yang jelas, gue semakin memaknai kata-kata klise ini:

Look before you leap.

24 comments:

Anonymous said...

gegar budaya yang paling gue rasakan adalah waktu gue umur 13 tahun pindah dari kota kecil penghasil nikel yang segala ada (makanannya juga impor langsung dari canada bo') ke Bandung, tahun 1986 kalau gak salah.
gue baru ngeh, temen2 gue yang di sana sok cool dan ngeborju, malah kelihatan norak kalau di kota besar. :))

Mel

Anonymous said...

Seleb Blogger? Ayas? *biar keliatan kalo kera Ngalam* :D
Kadit sam.. ayas kadit pantes jadi seleb-blogger.. :D
Hehehe.. udah nggak fasih lagi ngomong kiwalan :P Maklum udah lebih dari 10 tahun nggak menetap di Malang lagi. Masih diakui jadi orang Malang nggak ya? secara aku juga sebenernya nggak lahir di Malang.

Gegar budaya yang paling terasa buat aku, percaya ato enggak, malah waktu aku pindah dari Malang ke Surabaya untuk kuliah. Beneran. Padahal sebenernya kan nggak jauh2 amat budayanya kan? tapi yang paling mengejutkan buat aku, begitu gampang dan ringannya orang Surabaya bersumpah-serapah dalam bahasa keseharian. Wah kaget tenan aku, wong sebelumnya aku ini ada di lingkungan yang terjaga banget ya :)

Pindah dari Surabaya untuk kerja di Jakarta malah biasa aja, karena waktu pindah masih ngumpul sama teman2 dari Surabaya, jadi bisa beradaptasi dengan baik.

Terus, ngomongin apalagi sih tadi Pal? aku bingung :P

Anonymous said...

waktu pindah ke bdg krn kuliah, seingatku, aku butuh 6 bulan untuk menyesuaikan diri, terutama dari makanan, dan pola hidup yg berubah. juga kaget bertemu dg banyak orang dengan karakter yg beda2.

untungnya sih para housemate semua dr kota2 di jateng-jatim, jadi secara bahasa nggak masalah :D

siberia

Hany said...

gue cinta Malang loh! keren buat pacaran [engg... at least buat kami yg dari Jakarta, hihihi...].

CaTLio said...

I know how you feel. Gue walaupun tinggal for 17 years in Jakarta, gue merasa sangat alienated setiap kali gue menjejakkan kaki di Soekarno-Hatta Airport. Sebuah feeling yang gue pernah amat sangat yakin sekali, gue tidak akan pernah punya ketika gue berangkat ke Singapore.

Nauval Yazid said...

teh Mela,
jaman taun segitu, mid-80s, emang semuanya masih keliatan norak koq, jadi kayanya emang trennya kalo mau norak ... norak sekalian! norak-norak bergembiraaaa ... *ih garing deh gue* :D

Nauval Yazid said...

Qyu,
beda 1.5 jam perjalanan aja bisa bikin gegar budaya yah :)
tapi sekarang kerasa kan hasilnya, ngga kaget pas tinggal di Jakarta, soalnya udah ditempa sekian taun di Surabaya yang bisa dibilang metropolitan ukuran kecil tapi lebih semrawut :D

Nauval Yazid said...

mbak Ria,
elho, jadi selama kuliah di Bandung tetep ga bisa bahasa Sunda nih? jadi inget temen dari Solo yg kuliah di ITB dulu, eh pas ketemu koq ya ngomong Jowo, hehehehhe ...
sekarang gimana di Jepang setelah sekian taun? betah dan enak kan? *refer to postingan terakhir* ;)

Nauval Yazid said...

mbak Hany,
kalo cinta Malang, sekalian ama orangnya juga ajah, hehehehhe

Nauval Yazid said...

Bimo,
see? we feel alienated at our own home.

Anonymous said...

*ditengah keramaian. seorang cewek imut terlihat dari jauh sambil jinjit-jinjit dan mengacungkan tangannya seakan ingin terlihat oleh Nauval*

suaranya terdengar dari kejauhan:

"Nauvaall, aku kan orang Ngalam jugaa.. koq ndak disebutt??"

Anonymous said...

Jarang2 gue komen dan sori gue super telat tapi setelah baca artikel elo gue ngerasa idem banget dengan apa yang elo dan bimo katakan. "Alienated" , man!

Umbad

Anonymous said...

orang malang, tanpa susuk pun bisa melet orang bukan malang :D

bowo

Anonymous said...

rio

gini ya bo... secara gue nggak pernah ninggalin jakarta lama-lama, dulu aja waktu masih kecil, dan waktu enam bulan di makassar, tapi ya... i know how it feels.

home is where your heart is;).

Nauval Yazid said...

Golda,
hahaha, maaf yah, kelupaan :) tapi emang kamu masih bisa ngomong Jawa? *ngeles*

Nauval Yazid said...

Umbad,
kehormatan buat gue kalo elo bisa masuk sini dan ninggalin komen.
kenapa bisa alienated? karena banyak yang udah berubah dari rumah kita dan kita terlalu jauh di belakang buat "catch-up".

Nauval Yazid said...

Bowo,
jadi elo maen pelet nih? waduh ...

Nauval Yazid said...

Rio,
that's kinda hard to define, actually.

isna_nk said...

aku kadang berfikir... kala jenuh . kala hati ini merasa kurang bersyukur. merasa enggak mengalami gegar budaya sama sekali. kecil sampai besar di SD, SMP, SMU yang satu kecamatan. hanya kuliah dan bekerja di jogja. bahkan bisa jadi sampai pensiun kelak barangkali tetep di jogja.. aku jenuh.

Nauval Yazid said...

mbak Isna,
supaya ngga jenuh, mungkin perlu diadain kontess Miss Blogger Jogja, pasti menang deh! trus seneng lagi kan tinggal di Jogja? hehehehehe :D

dodY said...

hehehehe... what can i say... inget periode antara juli 97 sampe juli 98? dan sederetan kejadian reverse-gegar budaya setelah saya pulang? hehehe... jadi ketawa aja kalo inget yang itu :-)

dodY

http://dodymania.blogspot.com

Nauval Yazid said...

Dody,
reverse gegar budaya berarti ngga ngalamin perubahan apa-apa kan?
trus emang waktu itu ada kejadian apa yah ... oooh ... gue pikir elo nya aja yang emang aneh :D *ngibrit*

dodY said...

oohh gitu yah?!?!?! jadi memori-mu spt-nya perlu di-refresh :-) *ngasah2 belati*

Anonymous said...

walah mas... ni aku malah lagi bikin skripsi tentang gegar budaya, niatnya mo cari2 data ttg gegar budaya, eh malah nyantol di sini plus ngekek ngebaca komen2 nya...
wehhehe...
eh mas, bantuin plus doain ya biar skripsiku lancar.. (lho?!)

ye udin tengkitu yah...

btw asik yahy bisa keluar dari 1 tempat..
klo aku dari dl ampe skrg mah di Smg... mulu... (hoho.. ga' bersyukur)

-yoha-

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.