May 29, 2005

Do We Forget to Rest?

7 hari seminggu, 5 hari kerja, 2 hari istirahat.

Istirahat?

Yang ada biasanya malah terlalu semangat ngerjain segala macem hal yang tertunda, yang udah jadi impian dari hari Senen.
Akhirnya?
Kurang istirahat lagi, capek lagi, males kerja lagi.

Let's see.
Jumat malem kemaren saya udah buru-buru keluar dari kantor buat ngejar press screening nya "Eros", film pendeknya Wong Kar Wai, Steven Soderbergh ama Michelangelo Antonioni, saking buru-burunya sampe harus berani resiko naek taksi di tengah jam macet orang pulang kerja. Kelar nonton, langsung pulang, cuci baju, nyetrika dan ngutak ngatik komputer baru sambil masih bingung ngutak ngatik komputer malem.

Sabtu pagi harus dimulai dengan lupa janji meeting karena musti nemenin adik kelas SMA yang dateng kesini, dan ini berarti nganterin jalan-jalan a la turis. Padahal malemnya masih ada latian IAF yang untungnya deket rumah, dan kalo dah latian ini, diakhiri dengan nongkrong di warung pojoknya kampung londo. Sialnya lagi, koq ya saya ga gampang tidur kalo dah kecapekan. Solusinya? Bersih-bersih kamar, rombak rak buku! Baru deh tidur, tapi masih kebayang kalo ...

Minggu adalah hari upik abu! Kelar nyapu, ngepel, setrika, ngopi, langsung berangkat ke warehouse sale-nya MPH Bookstore nun jauh di Expo yang deket ama Changi Airport itu. Setelah leyeh-leyeh sejenak, trus langsung direcokin kabar,

"Nopal sayaaaannngg, aku punya kabar gembira untukmu" housemate saya senyum-senyum sambil megang wajan
"Apaaaaaaannn?" sambil masang sepatu siap pergi
"Minggu ini elo dapet kehormatan bersiin kamar mandi ama toilet yaaa"
"Maaaakkkk! Ntar maleeeemmmmm!"

Hoooaaaaaaaa...

Here I am, pulang dari kiasu ngantri beli buku, bersih2 kamar mandi, dan dalam sejam lagi, udah diajakin dinner Komang (minus Acay yang lagi mudik). Not to mention that I was trapped into temptation of borrowing 4 DVDs from Esplanade Library yesterday ... I know, it is addictive, and I've been an addict since the library opened 3 years ago.

Kalo udah gini, ngga bisa ngeluh juga kan?

Paling-paling kecapekan, or make it ekstra kecapekan, karena saya dan beberapa orang temen yang saya tau pun bukanlah tipe orang-orang yang bisa dengan enak tidur cukup selama weeknites. Let alone sleeping, lha wong pulang kantor aja musti ngeluyur dulu, even if that means going to ... supermarket alone! Hihihihihi ... Ngga banget yah?

Dan kecapekan ini kadang-kadang yang ngga terlalu kita perhatiin, baru kerasa kalo misalnya lagi trekking di Tioman kaya Acay minggu kemaren. Ngaku nya sih ga capek, tapi kalo pas ngumpul-ngumpul, ngumpet di pojokan tidur yah? Hahahahah!

Anyway, ini emang postingan ga penting, tapi cuman heran aja, apa iya kita terlalu sibuk grabbing as many things as possible, and doing it so much so to the extent that we often neglect the importance of REST?

22 comments:

Morningdew said...

I FEEL THE SAME WAY!!!!

Anonymous said...

wiken minggu lalu (sabtu dan minggu) keluar rumah seharian. (kan minggunya ketemu Noval). wiken kali ini sabtu dan minggu keluar rumah juga (yg minggunya teteup ke museum tekstil).

hari senin munggu lalu dan hari ini gw otomatis sampe kantor jam 12 siang.. karena baru bisa bangun jam 9-10. ??!! kapan gw istirahatnya??

Sunny said...

Freak. a good sleep is always my first love. I mostly fall asleep at 22.00, every night. now, please envy. hehehe.

Anonymous said...

hmmm.. gue juga kadang berasa begitu. Tapi biasanya gue akan usahain banget untuk istirahat. Kalo terlalu hectic banget, Seninnya kalo nggak gue call in sick (bad Avin.. bad!! :p), atau sms boss gue minta izin dateng siang karena ada keperluan.. :p

Anonymous said...

hari minggu gue baru tidur jam 6 pagi booo!!!! gara2 sabtu kebanyakan tidur siang! emang gue gak boleh leyeh2 siang hari bolong karena malemnya gue langsung jadi susah tidur.

sekarang gue pilek.

rio

Anonymous said...

banyak istirahat dan makan ya, biar kalo lo kesini gemukan dikit :D

rio, dasar kebo lo, sapa suruh tidur siang :P haree geneh tidur sianggg ????

bowo

Anonymous said...

Walah sama makanya mustinya 1 minggu itu 8 hari... 5 hari di kantor, 2 hari upik abu, 1 hari istirahat !!!

Akhirnya teori gue bener juga ! :)

Way

Nauval Yazid said...

Morningdew,
welcome to the club, erm, apparently the club is getting bigger and bigger, so worry not, you have many fellows out there who, ahem, feel the same way :D
*muter-muter aja ini komen*

Nauval Yazid said...

Golda,
nah, gimana kalo bangun jam 9, ga mandi, langsung ke kantor, ntar mandinya di kantor? gampang kan? ato tidur di kantor? :D

Nauval Yazid said...

A Gild in a Garden,
oooohh deeaaarr ... 10 pm? itu juga baru kelar dinner ..

Nauval Yazid said...

Avin,
izin masuk siang karena ada keperluan ... tidur? :D

Nauval Yazid said...

Rio,
dah berapa taun yah gue ga tidur siang ... take a nap emang bagus buat kesehatan, asal jangan bablas ngebo ya booo, secara gue curigesyen juga kalo tidur siang elo agak-agak berlanjut sampe sore menjelang malam :D

Nauval Yazid said...

Bowo,
makan gue dah banyakan, tapi insomnia gue yg bikin kurus! *ngeles* :D

Nauval Yazid said...

Way,
kalo seminggu ada 8 hari kerja, pasti satu hari extra itu juga dipake buat ngelakuin kegiatan laen yang ujung2 nya bikin capek juga :)

Unknown said...

wah kegiatan jadi upik abu-nya pas wiken sama ya...tapi aku minus setrika :D

aku sering ngerasa lega, kalo pas wiken nggak ada kegiatan apa2 diluar rumah. bisa baca buku, atau menata kamar,atau tidur seharian :D

Anonymous said...

wah..postingan bagus nih. always remember the importance of resting. :)

Anonymous said...

aneh, gue insomnia tapi gak kurus2 :P

Mel

Nauval Yazid said...

mbak Ria,
wiken nya koq kayanya tenang bener, abis menata kamar, langsung ditidurin ... berantakan lagi dong! :D

Nauval Yazid said...

Endang,
begitulah adanya, apalagi kalo yang baru kelar ngerjain skripsi, perlu banget tuh :)

Nauval Yazid said...

Mel,
lha elo insomnia sambil makan biskuit selamat! :D

dodY said...

enjoy kan lah aja, pak :-)

Nauval Yazid said...

Dody,
waks! enjoy being insomnia? ga banget deh yaaa :D

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.