Mar 17, 2005

Statistics.

Dalam hidup, tanpa kita sadari, tingkah laku yang terbentuk dari sikap perbuatan yang kita jalani sehari-hari akan terekam dan terdata dalam bentuk hitungan statistik. Oleh karena itulah tercipta ilmu statistik yang memungkinkan terjadinya perhitungan dan analisa cermat yang dilakukan dengan menuruti kaidah-kaidah ilmiah, walaupun aplikasi ilmu ini ternyata sangat fleksibel, yang berarti penerapannya pun bisa disesuaikan dengan bentuk ataupun jenis pemakaian yang kita kehendaki.

Mari saya ajak anda untuk menelusuri halaman blog Now.Far. ini.

Setelah anda membaca judul blog, berikut apa yang saya tulis ini dan juga meninggalkan pesan di kotak sebelah kiri blog ini, cobalah arahkan mouse anda ke arah bawah, sampai anda melihat barisan angka-angka di sebelah kiri.

Coba dilihat baik-baik.

Udah?

Dan jika anda lihat di sebelah angka itu, ada satu kotak kecil bergambar garis gelombang naik turun.

Bukalah.

Oh la la!

Anda akan melihat bahwa kunjungan anda ke blog ini sekarang sedang terdata dan terekam oleh Nedstat, lengkap dengan server yang anda pakai, jenis web browser, pukul berapa anda datang kesini.

Dan inilah saudara saudari, bukti suatu kenarsisan saya yang banci tampil di blog ini, setiap saat selalu ngeliatin berapa orang yang dateng ke blog ini, sambil ngeliatin dari mana aja mereka, dan dari blog siapa mereka berkunjung!

Kadang-kadang sampe ngebentuk suatu pattern, yang akhirnya gue bisa nebak siapa aja yang dateng kesini, misalnya, kalo ada server dari Nanyang Technological University, kemungkinan besar itu Wira yang lagi kuliah S2 disana. Kalo ada tulisan Japan, kemungkinan besar Siberia alias mbak Ria, ato malah Buna juga?! Dan juga kalo ada tulisan Australia, berarti itu Eko yang lagi di Melbourne, dan tentunya Cambodia, yang berarti mas Hary lagi nongkrong disini.

Yang agak susah dari Indonesia, karena begitu beragam server yang dipake, walaupun spekulasi terbesar, kalo CBN itu berarti Kenny lagi pake iBook nya di God knows which cafe he goes to, tapi jangan ditanya kalo dah Telkom, kemungkinan besar itu warnet yang tentu aja susah dilacak!
Tapi untungnya, masih ada kantor-kantor yang punya provider tersendiri, sehingga kalo ada nama salah satu kantor akuntan publik terpercaya di dunia nongol di daftar, ga diragukan lagi bahwa itu pasti si bapak yang baru aja kesengsem ama blogging.

Anehnya juga, biar di Singapore pun, ada juga yang pake server dari United States, dan siapa lagi kalo bukan si IU dari the coolest office in the world yang kerjaannya koq ngga cool sama sekali.

Lucu juga ngeliatin balok-balok yang tersusun rapi ini setiap hari. Ada keasyikan tersendiri yang malah jadi, er, hobby (daripada gue ngomongnya obsesi?) dikala kerjaan kantor ngga menumpuk, buka blog sendiri, dan lumayan bikin tersenyum kalo ada yang lagi mampir di warung.

Image hosted by Photobucket.com

So?

Ngga ada ujung ngga perlu ada akhir, dari tulisan ga bermakna ini gue cuman pengen ngucapin: THANK YOU udah membuat gue semakin narsis lho! Hihihihihi!

24 comments:

Anonymous said...

Selamat ngetop ya Val :)
Dan tulisan ini semakin mengukuhkan ke-narsis-an dirimu :P

ps. eh, apa? nedstat ya? pasang ah.... :D hehehe...

Anonymous said...

yah mbok luka temen jangan dikuik terus...

-iu-

Anonymous said...

rio

dasar narsis! huh!

*errr... ajarin dong caranya:P*

Anonymous said...

Tumben Nauval nulis pake bhs indo.. akhirnya kesempatan juga baca ceritanya Nauval.. hihihi...

Haaaa NARSIS bangettt!!! Apa semua blogger itu narsis??
Atau semua narsis pasti blogger (demi menyalurkan!)

Eh em.. ajarin yah caranya pake NedStat :-)

Wira said...

Asik ya emang, kalau gua pakai Statcounter, super lengkap data yang dikasih; IP address, data kunjungan sebelumnya, referer, page apa aja yang dikunjungi, berapa lama, dll..

Eh jangan2 gua paling rajin dateng yah sampe2 disebut duluan :-p Btw, tentu nggak semua blogger Narsis, banyak yg anonymous kan, tapi kalau perpaduan antara narsis dan melek IT, pastilah jadi blogger hehehe..

Nauval Yazid said...

terus terang gue agak bingung ngasih komen, karena kesannya gue promosi Nedstat bener! tapi ya buat sesama narsis yang dilarang saling mendahului, baiklah dengan ini saya jelaskan kalau anda sekalian sebaiknya membuka website keramat satu ini:

http://www.nedstatbasic.net

lalu utak-atiklah sepenuh jidat agar tercipta kode-kode yang bisa dipasang di template blog masing-masing, ok?! :)

Nauval Yazid said...

mas Q,
terimakasih atas pengakuan yang memperkukuh eksistensi gue sebagai orang narsis tersembunyi ini, thank you :)

IU,
luka lama yang masih menganga sampai sekarang? :D

Rio,
the devil speaks of himself in your case here ;)

Golda,
tumben? ngga juga, sering koq, liat aja di archive2 nya :)
dan ngomong2 tentang narsis, bukankah punya blog juga sebagai salah satu ajang tampil dan pamer diri yang sangat terbuka, eksplisit dan terpampang jelas blak-blakan? :)

Wira,
ternyata yang lebih jago IT lebih jago juga maenannya :)
komen gue bisa diliat dari komen buat Golda diatas, yang intinya adalah, blogger punya kemampuan kombinasi antara (cukup) melek IT ama, well, sekedar ingin eksis aja di dunia maya, kebetulan alat-alat ini kan cuman sekedar validasi buat kepentingan-kepentingan pribadi macam itu :D

Unknown said...

aku sebenarnya punya account nedstat ini, pernah aku pasang beberapa hari, akhirnya aku cabut lagi.

kalau kamu teliti, kayaknya kamu bisa membedakan mana Buna mana aku, bisa dilihat dari nama provider yg kami pakai *niat amat ya...heheheh..*

Anonymous said...

Aku ikutan yang super lengkap aja :)
Barusan pasang Statcounter di blogku, invisible dan tidak untuk umum. Itu yang membedakan narsisku dan narsismu VAL :P

Dari sembilan visitor pertama yang terdata aku terheran2 dan terkagum2 :P Ternyata kebanyakan malah bukan dari sesama blogger, tapi nyasar ke blog-ku dari hasil Googling.

Berbagai macam keyword, dari sinetron, cinta, da vinci code, sampe teori kuantum (ha?? emang aku pernah nulis tentang ini??) berhasil mendamparkan mereka ke blog-ku. Baru nyadar kalo blog-ku udah di-list ama Google :)

Hehehe... emang kok, narsis :P

nana said...

anjrit nopal narsis abis!!!! :D

Anonymous said...

seperti ada yang memata-matai nih... tapi senang juga kalau kita punya sesuatu yang bisa jadi landasan untuk narsis hehehe:D
doel

Anonymous said...

mak'nya buna:
yup..betul banget tuh kata mbak ria...seperti "niat banget"nya nauval ngliatin data2...so..sekali wkt liatin deh bedanya buna sama mbak ria :D *bisik2 ke mbak ria* psstt...btw..mbak, pake apa sih? hwhehehehehehe....met wiken val..

Anonymous said...

I know how that feels when look at nedstat ;). saya juga narsis..:) he he

Nauval Yazid said...

mbak Ria,
lho kenapa dicabut tho, mbak? padahal yang masuk ke http://anginkembara.blogspot.com itu ngga cuman banyak, tapi dari berbagai penjuru dunia!
dan yang dari Kyoto tuh mbak Ria ato Buna? ;)

Nauval Yazid said...

Cep Iman,
aduh Kang, masa' sih belum bisa posting gambar? tapi ngga ada gambar pun, blog nya Kang Iman masih banyak yang ngunjungin, abis tulisannya selalu 'nyentil' :) dan akhirnya dah pasang shoutbox sekarang yah Kang! hehehehhehe :D

Nauval Yazid said...

mas Q,
tengkyu matur nuwun juga udah nulis satu entry di blog kecil yang di'dedikasi'kan buat gue yah, mas! hahahahahahaha! ternyata memang sesama narsis dilarang saling mendahului, tapi boleh-boleh aja saling menginspirasi! :D

Nauval Yazid said...

Nana,
please deh, orang pasang blog bukannya udah narsis juga? :)

Nauval Yazid said...

Doel,
ngga memata-matai, cuman sekedar penasaran aja, pengen tau temen-temen yang masuk ke blog sini tuh dari mana aja, jam berapa, caranya gimana, de-el-el.
on second thought, apakah itu udah termasuk kategori memata-matai? :P

trus, sifat narsis apa perlu landasan, mas Doel? kalo dah bawaan orok?! :D

Nauval Yazid said...

Bunda-nya Buna,
emang tante yang di Tokyo atau Kyoto yah? maaf kalo ga perhatian gini :)

Nauval Yazid said...

Anonymous teh saha?,
seneng ada sesama narsis disini =)
tapi kalo emang narsis, tinggalin nama dong! ;)

Mel said...

statcounter gue kesannya bombastis banget ya..tapi gue gak tau tuh mereka dari mana aja :D

tau sih siapa aja yang baca blog gue?
sebelnya biarin dibaca mulu tapi yang komen dikit.
gak kayak blognya rio yang amitabachan gitu komentatornya *sirik*

Nauval Yazid said...

teh Mela,
asli jiper banget masuk blog elo, statcounternya itu lhooo, banyak bet angkanya, syeerreeemmm!
makanya, model2 statcounter ato nedstat ini haram jadah buat seleb-blogger macem rio yah, sehari bisa jebol 10 rebu orang masuk ntar! hihihihih *syiriqism*

Paulus said...

Nauval,
apakah juga terdeteksi IP saya direcord blog anda?
padahal saya belum pernah baca blog anda loh....
saya juga tidak bertanggung jawab atas komen ini. Mungkin ada kesalahan teknis....
(*gak ngaku+sirik mode on)

Nauval Yazid said...

udah deh Pras, jangan malu jangan ragu, tunjukkan dirimu! huhuhuhu :)

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.