Mar 31, 2005

Life's Backup Plan.

Kadang gue suka ngerasa kesel ama diri sendiri. Kadang? Seringnya sih sering!
Masalahnya sepele aja, gue sering ngga bikin rencana yang bagus buat semua apa yang gue kerjain, dan rencana yang bagus ini berarti bikin back-up plan. Kalo udah ga punya back-up plan buat satu hal yang udah terjadi, ditambah lagi dengan kebiasaan jelek yang ga ilang-ilang: never learn from mistakes in the past.

Tadi pagi, udah selesai mandi seger-seger dan siap berangkat kerja, pas mau matiin laptop, si Toshiba ini hang. OK, berarti pencet maksa tombol restart, dan apa yang terjadi?
Failure on restarting!
Si Toshiba tuwir ini stuck bermenit-menit, mati idup mati idup, scan process jalan 15% eh langsung masuk Standby mode (maaf kalo yang bukan techie, sungguh-sungguh gue pun bukan kalo ngga kepaksa!), sampe akhirnya setelah keringetan lagi sambil berdoa “God, jangan biarin computer ini crashed sebelum gue nge backup semua data!” selama hamper setengah jam, si Toshiba bias nge-boot pake Safe-Mode, trus proper shutdown.
Whew!
At least that was good.
Later? Wallahualam!

Sebenernya si Toshiba ini emang udah uzur, beli 6 tahun lalu pake student loan, dan baru selesai bayar bulan Mei 2004! Nah lho, hebat tho? Beli pas kuliah semester satu, lunas bayar pas dah jadi sarjana setaun lebih. Selama 6 tahun ini emang si item dah masuk klinik berkali-kali, 2x reformat hard-disk, pernah survive kebanjiran, pernah kebanting-banting di pesawat, dan yang bertahan sampe sekarang adalah si almarhum batere yang udah mati dari sekian tahun yang lalu.

Dan kebodohan yang terjadi dalam proses reformat dulu adalah gue tidak menyiapkan back-up, sehingga banyak data2 kehidupan yang ilang! Padahal praktis computer ini jadi inseparable parts hidup gue, karena mulai dari semua assignments mata kuliah gue, surat cinta, foto-foto sampe koleksi MP3 gue yang ribuan itu, lenyap hangus menghilang tanpa jejak, dan belum lagi kehidupan jaman sekarang yang ga lepas dari computer, membuat gue merasa pas kalo di-cast jadi iklan yang pake tagline: “hari gini ga punya computer?”

Believe me, been there, done that!


Image hosted by Photobucket.com


Walaupun gue bisa menghibur diri dengan bilang kalo selama masa ga ada computer itu gue bisa dengan tenang baca buku, nonton film di bioskop atau di dvd, denger musik jazz tanpa keganggu suara plang plung plang plung MSN ato Yahoo Messenger, tapi tetep ada yang hilang, ada yang aneh kalo gue ngga bisa nulis sekedar mo bikin resensi atau nulis email immediately.

Sekarang gimana?

Ada problem baru! Walaupun mau ngga mau musti beli si iBook dalam waktu deket (selaen gaya, itu yang paling murah diantara yang laen), yang bikin agak nyesek adalah, what else, money that matters, folks! Dengan beli barang mewah satu ini, berarti gue harus nahan-nahan diri buat bayar installment itu tiap bulannya, paling ngga 1-1,5 taun kedepan, yang berarti, gue ngga bisa keluar dari kerjaan gue sekarang ini, padahal, rencananya mau hibernasi dulu dari kerjaan yang super demanding ini.

So much for life’s reliance on technology.

And so much for life’s dependency over, well, tangible things.

22 comments:

Wira said...

Thanks, jadi ngingetin kalo gua udah lamaaaaaa sekali nggak backup data :-p

Nauval Yazid said...

Wira,
alhamdulillah, kesialan gue ternyata berkah buat elo yah :D

Anonymous said...

kapan itu nemu asus M5N bagus koq.. centrino, DVD/CD internal, 12", 256MB, 12"
colour: white pearl (cantiqueeee)
1500USD
dah pengen beli lho padahal :-(
knapa mesti ibook?

Anonymous said...

kami doakan om dpt rejeki nomplok jd ga perlu ngutang buat beli kompie baru. amin.

Nauval Yazid said...

Golda,
aduh mahal beneur! eh tapi coba ditawarin ke yang laen, sapa tau mau :)

*koq blog gue jadi tempat jual beli komputer gini*

Nauval Yazid said...

eh ada baby Aria!
tapi oom-mu juga mau beli tuh, rencana nya kita beli bareng, nah, oom-mu kalo beli iBook ntar ngutang ato engga tuh? :D

copper said...

mungkin loe coba hidup tanpa kompie beberapa bulan pal. siapa tau ternyata loe suka/enjoy. dapet pencerahan!

awal2 mungkin berat emang.

Nauval Yazid said...

Copper,
lah, kan gue pernah Per, pas taun ketiga malah, semester akhir, separuh semester ga ada kompie, susah Per, jadi ketinggalan gossip! :D
pencerahan? a little bit of this and that :)

Anonymous said...

jangan sebut2 ibook lagi, hiksss... gue bisa merasakan penderitaanmu nak;).

rio

pattawari said...

noway!!!

lebih baik mati merana daripada gak bisa pake komputer... gak mencet keyboard sehari aja rasanya ada yg salah dari tubuh gua.. hihihi (hiperbola banget!)

apakabar?

pattawari said...

noway!!!

lebih baik mati merana daripada gak bisa pake komputer... gak mencet keyboard sehari aja rasanya ada yg salah dari tubuh gua.. hihihi (hiperbola banget!)

apakabar?

Nauval Yazid said...

Rio,
biar kata gue ngga nyebut2 si iBook lagi, lah tiap kali elo ketemu Kenny juga apa ga tambah sirik tuuh?! :D

IPE! yaolo, kemana aja elo?!
tapi stubuh ama elo Pe, nih biar kata seharian dah di depan komputer buat kerja, tapi teteup pulang ke rumah juga komputer-an lagi, kayanya emang ada yang salah deh :P

nana said...

jadi sekarang dah belajar dari kesialan terakhirmu blom nak nopal? *bijak*
back up sono!
sukurlah walopun toshiba gw juga dah cukup tuwir tapi masih blom pernah rewel.
mo beli iBook ah biar bisa bikin RIO sirik :D

Nauval Yazid said...

Nana,
belum ada waktu buat nge-backup nih :(
eh toshiba nya emang dah umur berapa? jangan2 seumuran ... trus kalo mo beli iBook, ajaklah Rio, kalo perlu Rio yang milihin model sekaligus bayarin dulu! :P

Anonymous said...

Dear Nauval,

Seharusnya seh loe gak perlu kehilangan data-data penting loe seandainya loe memiliki sesuatu yang namanya HD Recovery tools, hehehehe!! Itu bisa mengakses data-data loe sampai ke level fisik dari HD loe.

Nah ini rada techie,
Jadi HD loe itu terdiri atas beberapa hal penting, antara lain:
1. Chip yang berisi data pengelolaan mesin (HD) loe , dalam hal ini adalah otak dari HD loe, di dalamnya juga ada "memori" buat mengatur kecepatan akses loe ke piringan HD loe.
2. Mekanik or mesin yang mengatur jalannya data secara fisik termasuk pembacaan dan penulisan ke piringan HD loe. btw, loe tahu kan kalo HD itu sebenarnya isinya sebuah piringan, gua lupa dari bahan apa, hehehe intinya sebenarnya mirip2 dengan VCD or DVD disks, cuman versi dia lain, hehehehe!!!
3. Piringan yang berisi data dan tulisan2 loe, termasuk yg kata loe sejarah kehidupan loe yang gua yakin pasti adjubilllah banyaknya.
..... dst, msh ada yg lain.

Nah, fungsi program seperti HD Recovery tools, adalah mengakses langsung ke bgn paling fisik dari HD loe, yaitu Sistem piringan loe, asal piringan HD loe gak cacat biasanya walaupun disk boot failure dia tetep bisa baca. Karena dia itu di level HW yang biasa orang IT bilang itu low level. Kalo gak berhasil jalan (seperti kasus loe), maka harusnya bisa di low level format, tapi masalahnya untuk melakukan hal itu loe butuh HD lain, nah ini yang sulit. Notebook, kayaknya gak bisa paralel 2 HD getoh, hehehehe!!!

So, gua tahu loe mo tanya gua intinya apa, secara Notebook loe udah loe format berkali-kali and data loe udah gak mungkin lagi diselamatkan hehehehe!! Intinya kalo PC lebih gampang dibandingan kalo Notebook :) Makanya beli PC dah hehehehe!!!

Nauval Yazid said...

Nizar,
kebalikan! gue orang yang take-for-granted, jadi dalam hal backup data, suka nunda-nunda terus, there'll always be another day mikirnya. well, there will be, so will the problem be! hehehehehe

Nauval Yazid said...

Anri,
aduh Ri, panjang2 gue bacanya ternyata elo yah! hahahahah! thanks for the input anyway, tapi susye kayanya gue punya desktop PC itu Ri, selaen gue ga techie, gue juga agak-agak mobile gituh :D

Anonymous said...

Nauval, sekarang saatnya first thing first..:)
Di kompi saya selalu ada "post-it"
ALWAYS BACK UP jadi nggak pernah lupa. Back up di tiga tempat: CD, kompi di rumah dan network. Jadi tenang...
doel

Nauval Yazid said...

Doel,
post-it di depan kompie saya cuman ada no2 telpon yang musti dihubungin :)
tapi makasih juga buat sarannya, walopun, ga ribet tuh maintain tiga tempat backup?

Anonymous said...

Hehehehe, MPAL, gitulah gua!!

Well, maksud gua seh, selain yang diatas adalah bahwa memang notebook itu sistemnya rada lain karena HDnya embedded di mesinnya, tapi well cara recovery data ya seperti itulah, and kalo buat perusahaan yang memang menjual notebook, kira-kira gitulah cara dia untuk merecover data loe, hehehehe!!

Btw, tunggu aja BLUE disk yang rencananya bakal keluar tahun depan, yang kalo gua gak salah, kapasitasnya sama kek HD sekarang yang ukurannya 80an Giga, lagi di testing di Jepang kalo gua gak salah!! Mudah-mudahan bisa di Mass produce tahun depan!!! Ya olo, terbayang gak cuman bawa 1 CD isinya semua hardisk loe!!! WOW....!!!!!!!

Slurppppp........!!

Anonymous said...

oohh gw kira ibook more expensive than asus m5n itu..

to save your file data: beli harddisk external (flash disc tapi 40GB) ;-)

gw aja sampe skarang blm nge-back up karena kepikir gmana kalo data gw nambah, pdhal kalo gw copy ke cd kan gak bisa ditambah lagi. padahal mau ditaruh ke folder yg sama :-( apa mesti beli harddisk external juga??

dodY said...

hwaa... back up data? wah ya.. harus segera niy! giving up movies for a new computer? kayaknya ngga banget deh buat nopal :-)

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.