Jul 15, 2005

just some blabbering :)

Beberapa hari yang lalu, gue denger dialog ini:

Nyokap si cowok : “Lha iya, enaknya mo gimana ini, udah tinggal besok disini.”
Bokap si cowok : “Yo wis tho, hari ini dipuas-puasin jalan-jalannya”
Cewek : “Iya nih tante, liat aja deh, besok si X bakal diem-diem nangis ditinggal mamanya. Dah gede gini masih gembeng oom, tapi ga mau keliatan nangis. Kangen ama mamanya ntar” (ke cowok) “Jangan nangis ya, sayang …”

Dan walaupun gue ngga menyaksikan langsung ekspresi mereka, tapi yang gue pengen tau adalah gimana perasaan orang tua si cowok, terutama sang nyokap, yang harus ketinggalan berbagai perubahan dalam hidup anaknya, dan tinggal menyaksikan hasil jadi dari perubahan itu. Berubah, karena mungkin sang nyokap ngeliat betapa perhatiannya si pacar terhadap putranya itu, kaya udah ada yang ngurusin hidupnya sekarang, dan itu bukan tugas si nyokap lagi. Berubah ‘kan?

Bingung? Kenapa musti bingung?

Sebenernya emang bukan hal yang aneh waktu begitu kita lepas dari SMA/SMU, sebagian dari kita udah mulai kuliah di luar kota atau luar negeri, yang berarti belajar idup sendiri dengan cara ngekos ato ngontrak tempat tinggal. Nah, disaat pisah dari orang tua inilah benernya kita mulai ngebangun diri kita sendiri mulai dari awal lagi. Apa-apa aja yang dulu pernah kita kerjain sebelum tinggal sendiri, memang ga bakal pernah ilang, lha wong kesimpen di memori otak. Some say our childhood memories will serve as a platform for our adulthood upbringing. As much as this statement is open to argument, I’d still take it as something in grey are requiring more scientific evidence strong enough to validate this. Lha wong pas jaman SMA aja udah banyak yang ngecap gue bi-goss, sekarang … errrr … koq gue menjebak diri gue sendiri sih! :D

Anyway, yang gue pengen tau disini adalah seberapa siap sih orangtua ngelepas anaknya ke ‘kehidupan lain’, ato mungkin ke kehidupan masa depan anak itu sendiri?

Terus terang aja gue belum bisa jawab pertanyaan ini karena belum ada satupun saudara kandung gue yang menikah, jadi gue belum bisa ngeliat gimana reaksi ekspresi orang tua gue ketika harus ngelepas salah satu dari kita untuk menjadi pasangan hidup orang lain. Sialnya lagi, sudah sekitar 6 tahun terakhir ini, gue ngga pernah dateng acara kawinan satu pun! Percaya ga percaya, gue belum pernah dateng satu pun kawinan temen SMA gue, huhuhuhuh … Kalo kalian baca ini, maafkanlah, dan … Salam Mitreka! :D
Begitu juga dengan kawinan sodara-sodara sendiri, ga pernah ada yang gue datengin selama lebih dari separo dekade ini, jadi memori tentang reaksi para oom dan tante gue sebatas apa yang gue inget sampe jaman SMA dulu.

Sebagian besar dari para oom dan tante yang notabene adalah para orangtua dari sodara sepupu gue itu bersikap biasa aja, pasrah, dan menerima anak mereka ngejalanin hidup dengan pacar mereka yang naik status sebagai suami/istri itu sebagai bagian dari perjalanan hidup. Seperti layaknya juga dengan apa yang terjadi setelah pernikahan, be it giving birth to their children, perceraian, kawin lagi, kematian, and many other catastrophes.
Mungkin ada sedikit perasaan berat yang ga pernah keungkap. Mungkin ada sedikit konflik, lahir ato batin, yang terjadi sebelum proses serah terima itu (emang lagi jual rumah bo?!). Dan mungkin karena udah begitu pasrahnya, jadi nrimo aja dengan segala hal yang udah berubah dalam hidup.

Life is a rollercoaster ride, it ain’t fun if it ain’t change from up to down, forming a full circle.

Dan seperti biasa, tulisan tak berujung tak berpangkal ini cuman sedikit ngomongin ketakjuban gue ama the changing of us. Itu aja koq ;)

21 comments:

Anonymous said...

Waktu kakak cewek gue nikah gue sempet gak rela lho !! asli gueee bentji banget sama si orang yg nikahin dia yg sekarang jd kakak ipar gue itu.

Ngerasanya dia ngerampas kakak gue dari kehidupan gue, tapi ternyata perasaan itu gak lama tuh, 2 bulan aja terus dibawa dugem ilang deh :D

Way

Sunny said...

ortu gue, waktu gue mo kawin, kayaknya seneng banget karena selain gue pacarannya udah lama banget, gue juga bakal masih tinggal bareng mereka. jadi gak gitu ngaruh. tapi yang kasian mertua gue karena mereka bakal menyerahkan anak sulung cowoknya ke seorang cewek yang keliatannya mandiri banget sampe gak bisa disuruh2, hehe. Asli deh, mertua gue, terutama ibu mertua gue, kayaknya terlanjur mencap gue sebagai si bungsu manja yang gak bisa masak dan gak mungkin banget masuk dapur. Padahal gak tau aja dia, waktu nyokap gue sakit asma hampir 2 bulan lamanya, guelah si ratu dapur yang masakannya boleh ditandingin sama... urm... sama... yah pokoknya u got what I meant deh. Hehehehe.

Travellog said...

haha .. menarik skalitulisan ini val .. gwe jadi kepikiran gimana yah rekasi nyokap gwe kolo gwe pergi pergian jauh ... lha wong secara sini ngekos aja belon pernah .. *sedih ga siy*

haha met wiken deh
pingkel

dina susilo said...

Sebenarnya ga ngerti juga gmn perasaan ortu secara aku juga blom pernah punya anak :D.

Tapi waktu kakakku pertama kali keluar dari rumah karena kuliah, ibuku tuh ngebekalinnya benar2 kayak orang mau pindahan kemana, terus ditengok2in, ga rela gitu, padahal ga jauh2 amat, cuma 45 menit perjalanan dari rumah :D.

Anonymous said...

hahahaha.... pertama kali kos di depok nyokap gue dateng dua kali sehari. Setelah dua tahun dia gak nelpon berbulan-bulan.

Cuma masalah waktu untuk menyesuaikan diri aja...

Nauval Yazid said...

Way,
pinter juga si kakak ipar, win your heart over by dugem! :D

Nauval Yazid said...

Girl,
gini yah, masak apapun, dan jadinya gimana pun, kalo yang makan lagi lapeeerrr banget, ato lagi sakiiiitt banget, tetep sukses2 aja tuh! :P
so be proud of you yourself, dear. as always ;)

Nauval Yazid said...

Pingkel,
bisa dicoba dulu dengan liburan ga bilang-bilang selama sebulan? hohohohoho!
met kenal juga! *emang ada salam kenal disitu?* :p

Nauval Yazid said...

mbak Eni,
nyokap ente emang toooopppp! 45 menit perjalanan?! ok deehhhh! :D

Nauval Yazid said...

Anonymous teh saha?,
biasalah itu, gue juga dulu pertama kali nyampe sini langsung nelpon nyokap, besoknya nelpon lagi, teruuusss gituh. sekarang? eeerr ... mmmm ... kapan ya gue terakhir nelpon rumah ... eerrr ... hehehhehhe

dodY said...

SATATAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!

hehehe... jek males komen, pak! ngelu ndas-ku! mengko waelek wis seger maneh aku kasih komen yg panjang lebar yah?

yaya said...

Kakak gue tiga2nya udah merit...tdnya gw kira gw bakal keilangan kakak2 gue,ternyata gw malah dapet 3 kakak lg :)

Nyokap bokap gw emang keliatan gak rela bngt sih..hehehe...tp sekarang udah biasa ajaa yaaa...gak tau deh kl gw yg nikah..hihihi

guario said...

marriage is a celebration of life. makanya orang selalu gembira dan nangis juga karena gembira. gue udah liat ortu gue ngelepas tiga anaknya;), so i guess i can figure out how they feel.

buat anak cewek biasanya bapak yang lebih sedih. tapi gue nggak terlalu liat ibu lebih sedih buat anak cowoknya, umumnya sama aja.

so, kapan lo kawin;)? biar lo bisa tahu perasaan ortu lo first hand getoh lho *kabuuuuuuuuurrr*

iTe said...

kaka gue+gue waktu remaja=musuhan mulu
kaka gue+gue pas gue minggat belajar di singapore=kaka gue sedi
kaka gue mau nikah=gue ga percaya
kaka gue manggil pulang gara2 dia beneran mau nikah=gue mulai percaya
nikahan kaka gue=bonyok gue tegar bugar, gue nangis meraung-raung
ketika harus pulang ke singapore=sedi dan bahagia
liat poto2 nikah= byk cowo ganteng di jakarta... yg diliat bole dipegang jangan...
kaka gue+gue = jauh di mata dekat di hati.. *deuuuuu*

Nauval Yazid said...

Dody,
lho, ga usah pusing2 segala lah, malah kamu pernah ngerasain tho gimana pas mas-mu married, ya ga? :)

Nauval Yazid said...

Yaya,
aku cuman bilang, your time will come, and you will know what it's like. gue ngomong ini juga buat diri sendiri, mungkin kalo ngeliat kakak ato adek gue married ntar, ngga tau deh, mixed feeling kayanya yah :)

Nauval Yazid said...

Rio,
jadi waktu itu gimana prasaan bo-nyok elo waktu kakak2 elo married? dan kira-kira sekarang gimana perasaan mereka ama anak laki nya yang baru ulang taun ini? wekekekekekekek ...

gue bo? eerrr ... ya kakak gue belum gitu loh *ngeles* :p

Nauval Yazid said...

Ite,
aduh jeng, gue dah gatel pengen beberin semua cerita nista di balik nikahan kakak elo ini! wakakaakakakakakakaka ... :p

Nauval Yazid said...

Askar,
laaahhhh, sok atuh, ga ada yang ngelarang juga :p

Morningdew said...

This post reminds me of the feelings I had when I saw Celine dion's performance in Las Vegas. I remember tears rolled own my cheeks as she sang the below song, while my thoughts wandered off to my two angels at home.

If I could
I'd protect you from the sadness in your eyes
Give you courage in a world of compromise
Yes, I would

If I could
I would teach you all the things I've never learned
And I'd help you cross the bridges that I've burned
Yes, I would

If I could
I would try to shield your innocence from time
But the part of life I gave you isn't mine
I've watched you grow
So I could let you go

If I could
I would help you make it through the hungry years
But I know that I can never cry your tears
But I would
If I could

If I live
In a time and place where you don't want to be
You don't have to walk along this road with me
My yesterday
Won't have to be your way

If I knew
I'd have tried to change the world I brought to you to
And there isn't very much that I can do
But I would
If I could...
Oh baby... mummy wants to protect you
And help my baby through the hungry years
It's part of me
And if you ever... ever need
Sad shoulder to cry on
I'm just someone to talk to
I'll be there... I'll be there
I didn't change your world
But I would
If I Could!

Anonymous said...

Perubahan kadang2 membuat saya seperti numb, nggak tahu mau berbuat apa selain tetap jalan meski agak2 clueless...tidak langsung heboh, sedikit demi sedikit mengerti dan akhirnya biasa juga, tul nggak?:)
doel

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.