Feb 14, 2005

Job-Hopping!

Barusan baca blognya Rio terutama bagian drama berseri super menegangkan a la Saur Sepuh, Tutur Tinular, bahkan menyaingi itu lho, aduh, ada satu sandiwara radio yang dimaenin ama cast-nya Losmen! Hayo hayo, yang dulu kerjaannya nangkring depan radio, pasti tau deh sandiwara radio ini.

Nah, kalo udah tau, tolong kasih tau gue lewat email gue ini aja, lha wong gue ngga mau nulis tentang sandiwara radio koq! Ehehehehe!

Setelah baca postingan yang lanjut ama SMS-an ama yang punya blog alias Rio itu, gue baru nyadar kalo bapak satu ini punya jenjang perjalanan karir yang lumayan panjang, terarah dan mantap. Paling ngga setelah gue sempet tau latar belakang pendidikannya, dan jenis kerjaan yang dia jalanin selama ini dan memang sangat nyambung itu, gue bisa bilang tentang terarah ato engga itu.
Nah, yang pengen gue tulis disini adalah betapa masih banyak dari kita, ato paling ngga gue nulis berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa temen gue disini, yang masih belum ketauan dan belum bisa jawab pertanyaan ibu guru, oom/tante, bahkan orang tua kita sendiri yang sering ditanyain waktu kita kecil dulu:

"Nak, kalo kamu sudah besar nanti, mau jadi apa?"

Dan sim salabim abrakadabra! Bermunculan lah jawaban standar yang dulu sering dipake, dan mari kita analisis kenapa akhirnya jawaban ini ngga ada yang terpenuhi:

"Pengen jadi polisi"
(Analisa: Nak, jadi polisi itu susah, gaji kecil, panas-panas ngejar setoran!)

"Pengen jadi presiden"
(Analisa: Nak, dulu yang bisa jadi Presiden cuma satu)

"Pengen jadi astronaut"
(Analisa: Nak, please deh, dulu Pratiwi Sudharmono itu belum sempet jadi astronaut beneran!)

"Pengen jadi dokter"
(Analisa: Nak, pelajaran IPA-mu dulu aja ngga pernah lewat dari 6)

"Pengen jadi petani"
(Analisa: Nak, hari gini gitu looohhh!)

"Pengen jadi insinyur"
(Analisa: Nak, matematika mu aja sering keteteran gitu)

"Pengen jadi bapak rumah tangga yang baik"
(Analisa: Naaaakkk, kamu kecil-kecil udah mikir gituan!)

Maaak, terus gue mau jadi apa?

Lebih sedihnya lagi, sampe pasca usia seperempat abad ini, pertanyaan-pertanyaan itu bukannya malah terjawab satu-satu, tapi malah nambah satu-satu juga karena hidup di negeri orang independently (wes ewes ewes bahasa-neee!) ini berarti musti mikir banyak konsekuensi lain kalo mau ganti kerjaan, pindah kerjaan, ato simply menganggur.

Menganggur? Ah! Itu kata yang sering jadi momok semua orang! Karena dibilang kalo masa menganggur berarti masa yang tidak produktif. Masa sih?

Padahal pengalaman gue selama masa pengangguran, bisa hidup lebih sehat, karena berarti saya bisa maen squash dan nge-gym gratisan ama Anoe di kondo dia, ato jogging di pagi hari, dilanjut dengan nulis novel yang ga pernah kelar itu (dan buat 3 rekan seperguruan, inilah understatement kalo gue bener-bener ngerjain project kita yaaaa!), atau nonton DVD pinjeman dari Esplanade Library, nulis review nya, baca buku banyak-banyak, nonton lunch performance gratis di Esplanade yang ga pernah bisa gue tonton, ke arts galleries yang ga pernah gue sentuh lagi dalam setaun terakhir ini, bahkan (malu banget!) gue belum pernah nginjekin kaki ke Singapore Tyler Print Institute (STPI) yang terkenal karena cuman ada satu Tyler Print Institute buat Asia itu! Aaaahhh!
Lihatlah, betapa indahnya dunia!

Walaupun tiap tanggal 20 dan tanggal 30, akhirnya gue harus menunduk dalam, mengais-ngais celengan sambil meluk Bambang membayar tagihan rumah, tagihan telpon, tagihan listrik, tagihan internet, dan belum lagi tagihan-tagihan laen yang bikin gue akhrinya menyerah lagi, untuk mencari kerja lagi ...

For the sake of survival!

Dan lingkaran setan untuk bertahan hidup inilah yang membuat gue akhirnya kembali mencari kerja yang orang laen bisa bilang sebagai "kerja abal-abal" karena kerjaannya bisa dibilang semi blue-collar work, gaji pas-pasan banget, dan slightly over-qualified benernya. Tapi apa mau dikata, kerjaan inilah yang bayar kebutuhan hidup mendasar gue, yang bisa membuat gue masih tegar berdiri, dan kuncinya bertahan di tempat kerjaan is simply to ...

Find the good things of your work!

Kerja pertama gue jadi sales executive di perusahaan kecil yang suka bikin conferences ato seminars emang eneg banget, karena kerja sales berarti menuhin target kuota, boss mana peduli sih kita kerja jungkir balik kalo hasilnya ngga menuhin target, tetep dianggep gagal. Tapi dari sini gue bisa ketemu temen-temen gila yang sampe sekarang masih suka ketemuan sebulan ato dua bulan sekali, dan klub kita yang 7-8 orang ini bener-bener pembawa sial buat kantor itu kayanya, karena setelah kita SEMUA keluar dari situ, sales figures nya jadi naek drastis sejak dipegang ama orang-orang baru! Huahahahahha! Harap dimaklumi kalo ngga ada satupun dari kita yang bakat jualan!

Kerja kedua gue jadi administrator di satu sekolah khusus buat orang-orang dengan autisme dan down syndrome sempet membuat gue tereak kegirangan, "Ini yang gue mau!", karena gimanapun juga, kerja sosial kaya gini bisa membuat gue berinteraksi dengan dunia yang jarang gue sentuh. Sayangnya, gue masuk di saat yang salah, karena gue masuk bener-bener dalam keadaan nol, sekolah belum jadi, yang ada gue malah jadi mandor tukang-tukang bangunan itu, sementara boss udah expect gue perform my work! Lha gimana mau perform my work and duties kalo kantor aja belum ada? Ah sayang sekali, gue keluar disaat anak-anak itu udah mulai mengenal dan dekat ama gue ...
Tapi yang gue suka banget dari sekolah ini adalah lokasinya yang ga Singapore banget! Bayangkan suasana perumahan yang asri, jauh dari keramaian, dari MRT station masih jalan sekitar 15 menit, ada orang-orang yang notabene penduduk sekitar perumahan itu selalu duduk-duduk di taman setiap paginya untuk berolahraga atau sekedar rumpi-rumpi sambil bawa anjing-anjing mereka, masih banyak pepohonan rindang, dan gue hidup sehat banget selama kerja disini.

Kerja ketiga gue yang masih gue lakoni sekarang ini kerjaan customer service biasa yang gue ga perlu jelasin lagi kaya gimana karena kerjaan customer service dimana-mana juga sama aja koq. Again, dapet kerjaan ini karena gue ga bisa nganggur lama-lama abis kelar kerjaan kedua itu, jadi bisa dibilang means of survival juga, dan meskipun super eneg ama kerjaannya tiap hari, gue suka ama fleksibilitas disini, dalam artian, gue kerja normal dari Senin-Jumat, dan kalo gue kerja di hari libur yang jatuh di satu hari antara Senin-Jumat itu, gue ngga libur, tapi gue dibayar double buat hari itu, dan ditambah lagi cuti tahunan gue! Hihihihi, kebayang dong sampe sekarang cuti tahunan gue berapa!
Dan lokasinya yang ngga jauh dari rumah membuat gue ngga perlu bangun terlalu pagi buat ngejar bis, tapi hasilnya? Sumber pemborosan, gara-gara sok ngerasa deket, yang ada malah kebirit-birit nyari taxi!

Dan disamping kerjaan-kerjaan itu, masih banyak hal laen yang gue kerjain selama masa kuliah, mulai jadi waiter, jadi baduuuuttt! Hahahahahahah! Kerjaan super fun dengan bayaran super fun juga nih! Terus jadi festival assistant nya Singapore Arts Festival, jadi liaison officer, backstage crew buat some theatre productions, kerja admin, tralala trilili ...

See how one like me survives?

Kalo sampe sekarang masih banyak orang yang bilang "Aduh Nauval, kerjaan-kerjaan elo itu ngga elo banget deh", ya gue terima aja, karena emang gitu adanya. Sampe sekarang belum bisa apply credit card, ya ngga patheken (koq ngga ada yang ngomong pake kata ini lagi sih sekarang?), toh belum terlalu butuh juga.

Yang jelas, saya merasa beruntung karena dikelilingi teman-teman terdekat yang ngerti banget dengan situasi nyari kerja di Singapore ini, sampe teman serumah saya tercinta Cay ini pernah bilang, "Komunitas ato lingkungan kita ini enak banget koq, kerja admin ngga masalah, yang penting bertahan hidup, kerja apapun juga jadi!"
Belum lagi kekaguman saya ama temen yang laen, Irene Titik alias si Ite si job-hopper sejati yang bisa enak banget pindah dari kerjaan satu ke kerjaan lain yang pokoknya buat dia, "Lho, kalo gue ngerasa ngga nyaman ama kerjaan gue, ya mendingan gue keluar tho Pal, daripada makan ati, ya ngga sih?"
Dan temen-temen yang kerjaannya udah mantep macem Agatha, Aki, Umbad, Wenny, Imesh, Fina, dan juga Sayid yang bakal mantep banget pun ngga keberatan dengan gaya hidup begajulan gue yang ngga jelas maunya apa, sambil tetep ngasih support ama apapun yang jadi kesenengan gue.

*terharu, hiks!*

Akhirnya, gue nulis ini karena teringet ama blognya Esther yang pernah nulis cuman dua baris aja, tapi ngena banget di gue (sorry jeng, gue kutip tanpa seijin elo duluan!):

gue mungkin belum tau apa yang gue mau,
tapi yang pasti gue tau apa yang gue NGGAK MAU!!!



22 comments:

Unknown said...

PAL, aku malah lihat kamu asyik bener nyoba2 banyak kerjaan. kayaknya butuh keberanian deh utk nyoba2 gitu, dan juga butuh energi banyak kalau buat aku utk adaptasi di lingkungan baru.

aku dari dulu ya kantornya tetep. cuma bagian/kerjaan yang ganti2...

Anonymous said...

Yah... nomor dua komennya...nggak apa2 deh :p
Kerjaan kamu banyak juga ya. Saya cuma punya dua pengalman dan abis gitu males cari lagi, malahan sedang meniti jenjang untuk mandiri...mandi sendiri hehehe:D
doel

Nauval Yazid said...

Ria,
wah bener tuh mbak! nyari dan pindah kerjaan emang butuh waktu dan tenaga buat dua-duanya, pas ngelamar kerjaan, diinterview, trus kalo udah masuk, nyesuaiin diri ama lingkungan baru.
enaknya sih, jadi gampang adaptasi ama orang laen yah yang notabene baru kenal, walaupun di kantor sekarang sih gue agak-agak dikucilkan dan mengucilkan diri, biar bisa ngeblog! Hahahahahah! :D

Nauval Yazid said...

Doel,
lho mas, selama ini dimandiin sapa tho?
:P
banyak pengalaman belum tentu jadi jaminan kalo orangnya ngejalanin kerjaan dengan bagus, contoh jelasnya ya saya sendiri! huehehehe!
malah mungkin mas Doel dengan dua pengalaman yang ditekuni sungguh-sungguh itu bisa ngasih impresi yang bagus banget ke tempat kerjaan, ya kan?! ;)

Anonymous said...

boleh boleh aja duduk di atas gunung es, asal gunung itu cair gara-gara elo dudukin. tapi kalo elo yang ikut-ikutan jadi beku, mending buru-buru pindah gunung.

-ve-

Nauval Yazid said...

Ve,
ketololan yang kadang diikuti ama ketidakberdayaan ngikutin kehendak dunia luar membuat gue pindahnya ke gunung yang sama lagi.

well, memang lebih baek ke Gunung Agung
(masih ada ga sih toko buku ini?)

Paulus said...

ehm....aku suka entry kayak gini, karena jadi bisa mengenal pemilik blog :)
salut dengan energi, mental, semangat yang dimiliki utk job-hopping; banyak teman aku yang stuck di satu tempat gawe, karena malas, takut, dll untuk mencari peluang yg lebih baik (pdhl di tempat lama sdh desperate)

Nauval, cuma guyon sih, tapi dulu aku suka ngomong gini: ada 2 kemungkinan seseorang kerja lebih dari 2 th di satu tempat :sangat loyal...atau sooo stupid sampe tempat laen gak mau pakai..
aku sendiri sdh lebih dari 10 th:D

btw, keep the life spirit & always pede :P hehehe
salam,
P

iTe said...

Ampun toh Pal, akhirnya gue sukses juga meninggalkan jejak di sinih! YESSS! PRESTASI GILA2an yang patut dibanggakan... karena... perjuangan nih gila, lo kan tao gue gatek banget, mana tadi ampe lupa user id sama password gue, hahahaha.Akhirnya aku tauuuuuuuuuu, namaku dipajang nopal di blognyah... hohohohoho... kamuh... aku jadi malu kan... ketawan jadi the queen of job hopping! tao ga, besok gue bakal ke StarHub, dipanngil lage sama si Tante Jutek... gara2 baca tulisan lo,jadi bener2 mikir lage, bener mau gue trima ga ya kalo dioffer... hohohoho, gaya banget si gue... lumbung padi sudah menipis gini... Eniwe... gue ga nyesel banget jadi job hopper sampe skarang... hahaha, getting a new job in a short period is not a problem, ga nyombong, tapi at the end, gue bener2 pengen yg cocok... sooooooooo... bener2 mesti semedi sekarang.... mariiiii....

Nauval Yazid said...

Pras,
aku juga suka kalo ada yang ngomentarin isi blogku :)

emang susah kalo kita dah kena godaan buat jadiin tempat kerja kita kaya comfort zone, mau keluar dari situ berarti mikir seribu kali, belum lagi namanya pengaruh temen dari luar, hahahahahha! berat!

jadi dah kerja 10 tahun sekarang ini, masuk kategori yang mana? ;)

Nauval Yazid said...

Ite,
mbakyu DIVA mental selebritis satu ini, oalah jeng, kalo bikin nama blog koq ya panjang beneur tralalalalalaaa sampe susye diapalin, mbok ya diedit dulu tho ya!

gini lho yah Te, sampe namamu masuk ke entry ku ini kan berarti satu contoh nyata betapa gue sangat menghargai dan mengagumi kekaguman elo menjadi queen of job-hopping dengan sejuta kreativitas berbacot ria mu itu yang selalu jadi senjata ampuh buat memegang rekor interview terbanyak selama masa pengangguran!

*tarik napas*

dan sejujurnya aja selaen semua itu, gue salut setinggi-tingginya sampe gue perlu membungkuk menghormati semangat elo yang ga pernah mati buat cari kenyamanan hidup!

Ite, jangan pernah mati meski itu bikin petisi untuk Ilahi ;)

Anonymous said...

val, dimana2 kerja untuk orang lain sebesar apapun perusahaan itu, tetep aja nggak enak ;) yang penting sekarang setidaknya lo punya banyak temen, lo bisa apresiasikan bakat lo di luar kerjaan lo, itu udah hebat!
terus berusaha bro! aku yakin suatu saat lo PASTI dapet apa yang lo mau :)

prabowo.blogdrive.com

Nauval Yazid said...

Bowo,
sungguh-sungguh comment elo ini bener-bener lift up my mood for the morning!
i can't agree more with you, se'bagus' ato se'gede' apapun posisi kita di perusahaan orang, tetep aja kaya ada bates yang buat kita ngga bisa bebas buat explore apa yang kita mau kerjain, karena pada akhirnya yang ngambil keputusan besar adalah ornag laen.

dan memang gue bersyukur kalo hidup gue dikelilingin ama orang-orang yang supportive, temen-temen yang mendorong gue buat maju, seperti juga elo, dan karena itulah gue matur nuwun banget ama elo buat 'pencerahan' ini.

ssaahhhh! bahasa gue apaan seehhh! :p

Fina Thorpe-Willett said...

suatu hari di spore :
fina : jadi nopal itu kerjanya apa mesh, kata loe banyak jalannya ke KL gitu?
imesh : sales2an kalo gak salah.
fina : ooo..

suatu hari, gak berapa lama di jakarta :
imesh : eh, nopal berenti kerja.
fina : senangnya...

beberapa waktu kemudian :
fina : udah baca imel nopal? dia kerja di tempat yang beda aja gitu, tapi katanya jauh dari rumah..
imesh : iya tuh, tapi seru banget aja!! gue bakal minta diajak ksana ntar kalo gue ke spore!!

beberapa waktu lalu :
imesh (yang blum ke spore dan blum sempet ke tempat kerja yang jauh itu) : nopal udah pindah kerja. kantornya itu ada apalah gitu ama microsoft.
fina : iya sih, kayaknya di autis2an itu capek banget. ngurusin smuanya.
imesh : ...

gitulah pal. stidaknya perpindahan kerja loe menambah topik bahasan gue ama imesh. makasih ya! :P

Nauval Yazid said...

Jeng!
GILA GILA GILAAA!
Aaahhhhh!

Gue bener-bener nyaris tereak kelar baca comment elo kalo ngga mau dipelototin boss gue di sebelah!

Terungkaplah sudah semua kebobrokan gue disini yang ternyata bisa jadi bahan obrolan kalian itu, yang tentunya, gue juga menikmati being on the spotlight! ahahahahahah!

Tapi Jeng, aku ngga bisa lupa dengan email-email dan sms-sms kalian dulu, pas gue keluar kerja, dan betapa kalian selalu nyentil gue dengan cara yang jujur, terbuka, apa adanya, painfully and blatantly true, ngga cuman kerjaan, tapi juga percintaan *out of topic dikit* :P

Love you so much, Jeng!

Anonymous said...

VAL lo kayak gue ya, maksudnya kos deket kantor biar naek bus sekali dan cepet dan murah, tapi yang ada kebirit2 tiap pagi naek taksi! hehe...

keep trying dear, you'll figure it out.

rio

Nauval Yazid said...

Rio,

I've been trying to figure out ... jam berapa si bis dateng biar gue ga kebirit2! :D

Mucho gracias!

mutiara nauli pohan said...

val, uli ini keluaran dari sastra inggris trus waktu kul sambil kerja di cafe,trus selesai kuliah ker di oil company ( arabian ) trus sekarang kerja di kontraktor telekomunikasi( european ) kebayang dong dari ngurusin menu trus minyak trus tower ha..ha..ha.. but i just try 2 love my job

Nauval Yazid said...

Uli,
first, i can't help saying this: your name is beautiful, and so are you.

ok, kurang lebih latar belakang pendidikan kita sama, latar belakang kerjaan yang ga mirip2 ama kuliah juga sama kejadiannya kayanya nih, dan sama-sama nerima aja deh yah! hahahahha!

moga-moga betah ya ama kerjaan yang sekarang :)

Anonymous said...

ah inih mah topik seumur hidup. tapi anehnyah kok yah slalu uptodate n mengena. hohohoho.

lope
-iu-

Nauval Yazid said...

IU,
dan tentunya kita koq ya selalu tertarik untuk melakukan kegiatan gila ini, huhuhuhuhuhu!

dodY said...

heuheue.... Val.. kurang rame! kamu kalo kerja di english first bisa bener2 jadi tahan banting! lha wong bayaran gak sepiro'oh gawean'e wis kudu mati ae! hauhaua...

setidaknya betapa pun sedih dan menyakitkan pekerjaan yg saja jalani... tak luput saya tetap bersyukur! secara itu pelajaran dan pengalaman yg amat berharga yg Tuhan berikan utk saya!

Nauval Yazid said...

Dody,
oalah Dod! tapi hebat juga kamu sempet bertahan di EF sekian lama sampe nyaris jadi maskot nya kan kalo ga salah?! heheheheh!
and i can't agree more with you, that semua yang kita lakuin ini emang buat nambah pengalaman kita semua. amin!

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
A film festival manager. A writer. An avid moviegoer. An editor. An aspiring culinary fan. A man.